Banyak Aplikasi iPhone yang Sia-sia

Sumber :

VIVAnews -- Begitu banyaknya aplikasi yang disediakan bagi pengguna Apple ternyata tak seimbang dengan penggunaannya.

Fakta itu dikemukakan oleh Pinch Media, yang menganalisa lebih dari 30 juta unduhan yang tersedia pasar online yang menjual aplikasi-aplikasi iPhone, App Store.

Menurut Pinch Media, 30 persen orang yang membeli aplikasi-aplikasi iPhone, ternyata hanya menggunakan aplikasi itu pada hari ia membeli aplikasi itu saja.

Hanya sedikit sekali, yaitu kurang dari 5 persen pengguna iPhone, yang aktif menggunakan aplikasi-aplikasi yang dibeli, selama lebih dari 20 hari.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut CEO Pinch Media, Greg Yardley, Apple telah membuat distribusi konten aplikasi di iPhone begitu mudah, termasuk sistem transaksi pembayaran aplikasi-aplikasi tersebut.

Di sisi lainApple tetap membutuhkan cara yang lebih baik untuk menolong para pengembang aplikasi mempromosikan aplikasi buatan mereka. "App Store  gagal menawarkan mekanisme promosi yang baik," ujar Yardley, seperti dikutip dari situs CNet.

Terlalu banyak layar iklan real estate, kata Yardley, yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk wahana promosi yang lebih baik bagi para pengembang. Apalagi, bila aplikasi pengembang bersangkutan tak muncul di daftar 100 aplikasi teratas, walaupun aplikasi itu menarik, otomatis tak akan laku.

Ketiadaannya fitur 'Coba aplikasi sebelum membeli', juga membuat para pencari aplikasi tak punya pilihan untuk berspekulasi untuk membelinya, walau mungkin mereka nantinya tak akan begitu memerlukan aplikasi tersebut.

Akibatnya, hanya sekitar 10 persen saja dari aplikasi iPhone yang tetap memiliki pengguna setia setiap saat, dan kebanyakan dari mereka adalah game-game, aplikasi hiburan, seperti daftar-daftar film, atau aplikasi semacam FaceBook.

Namun demikian para pengembang masih mencoba memperebutkan sekitar 90 persen pasar yang masih terbuka lebar untuk menawarkan aplikasi-aplikasi baru mereka, karena pengguna iPhone memang sangat antusias untuk mencoba aplikasi-aplikasi baru.

Hingga kini, sudah ada sekitar 15 ribu aplikasi dan telah terjadi 500 juta unduhan di App Store, sejak ia pertama kali diperkenalkan tujuh bulan lalu.