Konsentrasi, Kunci Redam Thailand

Sumber :

VIVAnews - Para pemain Indonesia harus berkonsentrasi penuh saat menghadapi Thailand di pertemuan 1 (leg 1) semifinal Piala AFF 2008. Menurut pelatih Benny Dollo, itulah kunci meredam Thailand.

"Kelemahan Indonesia selama ini, para pemain tak siap menghadapi transisi serangan balik lawan. Mereka juga kurang konsentrasi saat kehilangan bola," kata Benny dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Senin sore, 15 Desember 2008.

Beruntung, kekurangan itu mulai berkurang saat latihan. Menurut Bendol --sapaan Benny-- itu telah dibenahinya dalam latihan di Lapangan Pelita Jaya Jawa Barat, Sawangan, Depok.

"Pemain akan tahu jika menghadapi situasi yang sama dalam pertandingan nanti," lanjut Bendol. Dan itu tinggal dibuktikan di lapangan nanti.

Hapus Trauma

Menurut Bendol, Indonesia yakin mampu mengatasi Thailand. Salah satunya dengan menghapus trauma kekalahan dari Singapura 0-2 di penyisihan Grup A.

"Kita sudah juara di Piala Kemerdekaan 2008. Melaju ke final Grand Royal Challenge 2008 (di Myanmar). Kini, melaju ke semifinal Piala AFF 2008. Ini jadi indikator bahwa tim Indonesia tampil baik. Ini sekaligus jadi motivasi buat mereka (para pemain)," kata Bendol lagi.

Saat melawan Thailand, Bendol takkan melakukan rotasi kepada pasukannya. mantan pelatih Arema Malang dan Persita Tangerang ini akan memasang skuad nyaris sama di penyisihan grup.

Apalagi, kondisi semua anggota skuadnya sangat fit. Tim Merah Putih tinggal dibakar motivasinya saat lawan Thailand.

Indonesia akan menjamu Thailand di leg 1 semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Desember 2008, mulai pukul 19.00 WIB.