NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Drama 7 Gol, Leverkusen Tekuk Dortmund di Bay Arena

Minggu, 9 Februari 2020 | 02:45 WIB
Oleh : Radhitya Andriansyah,
Foto :
  • Instagram/@bayer04fussball
Penyerang Bayer Leverkusen, Kevin Volland, melakukan selebrasi

VIVAnews – Duel sengit terjadi di Bay Arena kala Bayer Leverkusen menjamu lawan tangguh, Borussia Dortmund. Setelah saling balas mencetak gol, pasukan Peter Bosz mampu menjunakkan tim tamu 4-3 dalam laga pekan ke-21 Bundesliga 2019/2020, Minggu 9 Februari 2020.

Bermain di depan puluhan ribu pendukungnya, Leverkusen unggul lebih dulu lewat gol Kevin Volland di menit 20. Memanfaatkan umpan Nadiem Amiri, sepakan keras eks striker Hoffenheim ini bersarang di sisi gawang Roman Burki.

Keunggulan Leverkusen hanya bertahan dua menit. Sebab, Dortmund berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Mats Hummels. Bola sundulan mantan bek Bayern Munich usai memaksimalkan umpan sepak pojok Jadon Sancho, gagal diantisipasi oleh kiper Leverkusen, Lukas Hradecky.

(Baca Juga: Bayaran Disunat, Berapa Gaji Ighalo di MU?)

Menit 35, Dortmund berbalik unggul. Tendangan keras pemain anyar Dortmund, Emre Can, meluncur deras ke gawang dan tak bisa dihentikan Hradecky. Gol ini jadi yang perdana setelah dipinjam dari Juventus.

Jelang turun minum, Leverkusen mampu membuat kedudukan menjadi imbang setelah Vollan mencetak gol keduanya. Kali ini ia sukses menuntaskan assist Jonathan Tah lewat sebuah sepakan kaki kanan dari tepi kotak penalti.

Sancho mampu mencetak gol untuk Dortmund di menit 52. Sayang, gol ini dianulir wasit Markus Schmidt. Setelah melihat tayangan VAR (Video Assistant Referee), winger lincah Inggris ini sudah berada dalam posisi offside.

Dortmund akhirnya unggul lagi pada menit 66. Berawal dari umpan Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro sukses membobol gawang Hradecky lewat sebuah sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti.

(Baca Juga: Tak Punya Striker, Barcelona Incar Luis Suarez)

Namun, lagi-lagi Leverkusen bisa memaksa kedudukan kembali imbang. Overlap yang dilakukan Daley Sinkgraven diakhiri dengan sebuah sodoran umpan kepada Leon Bailey. Winger lincah asal Jamaika ini langsung melepas sepakan keras ke sisi kanan, tanpa bisa dibendung Burki.

Semenit kemudian, Leverkusen yang malah membalikkan keadaan.  Kembali Sinkgraven jadi kreator terciptanya gol Leverkusen, yang kali ini dibuat oleh pemain senior, Lars Bender.

Gol Bender itu ternyata jadi yang terakhir tercipta dalam laga ini. Hingga Schmidt meniup pluit panjang tanda laga usai, Leverkusen mutlak mengunci kemenangan 4-3.

(Baca Juga: Barca Pasti Menyesal Tolak dan Anggap Haaland Masih Ingusan)

Kemenangan ini membawa Leverkusen naik ke posisi kelima klasemen dengan poin 37, menggeser Schalke 04. Sementara bagi Dortmund, pasukan Lucien Favre gagal naik ke puncak klasemen dan terpaku di posisi ketiga. 

Dortmund mengumpulkan 39 poin, terpaut dua poin dari RB Leipzig di urutan kedua, dan tertinggal tiga poin dari Bayern Munich di tingkat teratas.

Susunan Pemain:

Bayer Leverkusen: Lukas Hradecky (gk); Lars Bender, Jonathan Tah, Edmond Tapsoba, Daley Singkgraven, Nadiem Amiri (Aleksandar Dragovic'89), Sven Bender, Karim Bellarabi (Mitchell Weiser'46), Kai Havertz, Moussa Diaby (Leon Bailey'71), Kevin Volland. 

Borussia Dortmund: Roman Burki (gk); Manuel Akanji (Thorgan Hazard'87), Mats Hummels, Dan Zagadou, Achraf Hakimi, Emre Can (Mario Gotze'86), Axel Witsel, Raphael Guerreiro, Julian Brandt (Giovanni Reyna'46), Jadon Sancho, Erling Haaland.

Topik Terkait
Terbaru