Indonesia-Maroko Kembangkan Islam Moderat

Sumber :

VIVAnews - Sebagai negara berpenduduk Islam, Indonesia dan Maroko dinilai mempunyai banyak kesamaan. Kedua negara itu dianggap berhasil mengembangkan negara demokrasi.

"Beberapa persamaan yang perlu dikembangkan antara Indonesia dan Maroko, yaitu sama-sama mengembangkan Islam moderat," kata juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal di Istana Merdeka Jakarta, Senin 2 Maret 2009.

Kedua pemimpin negara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Maroko Abbas El Fassi, melakukan pertemuan dalam menjajaki hubungan bilateral antar negara. Selain membicarakan pengembangan dalam bidang perdagangan, keduanya juga sepakat memajukan Forum Ekonomi Islam Sedunia (WIEF).

Maroko saat ini telah menyelenggarakan Pemilihan Umum Parlemen. Selain itu, dalam pemerintahannya juga banyak di isi kaum perempuan. "Itu tadi yang dipuji Presiden Yudhoyono," ujar Dino.

Selain bertemu dengan perdana menteri Maroko, Presiden Yudhoyono tadi siang juga bertemua dengan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi di tempat yang sama. Keduanya juga sepakat memajukan WIEF.

Sebab dalam WIEF, bisa memajukan umat Islam dalam meningkatkan kerja sama antara komunitas-komunitas Islam dan juga untuk membangun jembatan antara dunia Islam dan dunia non-Islam yang sekarang ini terus diwarnai globalisasi. "Mereka sepakat mendorong WIEF yang sekarang ini menjadi forum tahunan," tutur Dino.