Malaysia Lirik Tanaman Jarak Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Malaysia akan membeli tanaman jarak (jathropa) dari Indonesia sebagai pengganti Crude Palm Oil (CPO). Tanaman jarak itu akan digunakan sebagai bahan baku biodiesel.

"Lahan pertanian di Malaysia tidak cocok untuk pengembangan tanaman tersebut, sedangkan kebutuhan bio diesel terus meningkat dari tahun ke tahun," ujar Chairman Malaysia Palm Oil Board, Dato Sabri Ahmad dalam diskusi bertajuk Paving a Greener World: Creating a Future Energy Alternatif di Hotel Ritz Carlton Kawasan Semanggi Jakarta, Selasa 3 Maret 2009.

Sementara Indonesia, kata dia, dari tahun ke tahun memiliki potensi untuk terus meningkatkan kapasitas jathropanya. Dengan demikian ini, Sabri Ahmad berharap produk jathropa bisa membantu negeri jiran mendapat pasokan untuk bahan baku biodiesel.

"Kalau saja Indonesia bisa meningkatkan produksi jathropa-nya, kita juga bisa beli bahan mentah untuk melengkapi bahan baku kita dengan sistem win-win solution sekitar 2-3 tahun lagi," kata dia.

Dengan adanya kerjasama ini, tutur dia, kedua negara dapat bertukar penelitian untuk mencari alternatif pasokan bahan baku untuk bio diesel mengingat kelapa sawit kini diprioritaskan untuk pangan.