Nyaman Naik Pesawat Bersama si Kecil

Sumber :

VIVAnews – Apakah Anda merencanakan bepergian sepanjang libur panjang akhir pekan ini? Transportasi apa yang Anda pilih? Jika Anda memutuskan pergi dengan pesawat dan mengajak buah hati Anda, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Bepergian sendiri menggunakan pesawat memang lebih menghemat waktu dan efisien. Tapi Anda tentu bisa membayangkan repotnya jika harus membawa anak kecil. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir. Ikuti tips berikut ini sebagai panduan membawa si kecil naik pesawat.

Syarat kesehatan
Menurut aturan kesehatan, bayi berusia tiga sudah bisa bepergian naik pesawat. Asalkan anak tidak memiliki gangguan pernapasan seperti asma atau kelainan jantung. Tapi sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter sebelum membawa si kecil naik pesawat.

Untuk mengatasi tekanan udara di telinga saat tinggal landas atau mendarat, sebaiknya bayi Anda dalam keadaan menyusui. Aktivitas menelan akan mengurangi rasa sakit akibat tekanan udara. Untuk lebih aman, tanyakan pada dokter persiapan apa saja yang harus diperhatikan.

Siapkan perlengkapan
Demi keamanan selama terbang, sebaiknya si kecil duduk di kursinya sendiri. Gunakan car seat atau alat pengaman khusus untuk mendudukkan bayi atau anak kecil di mobil. Pilih car seat yang bisa juga dipakai di pesawat.

Bila anak sudah cukup besar dan badannya pas untuk mengenakan sabuk pengaman kursi pesawat, pastikan ia selalu patuh mengenakan sabuk pengamannya. Beri pemahaman pada anak bahwa sabuk itu sangat penting untuk menjaga keselamatannya. Jangan sampai ia memainkannya atau melepasnya.

Selama penerbangan, terutama bila membutuhkan waktu lama, anak bisa merasa bosan. Untuk mengatasinya, jangan lupa membawa mainan atau buku kesukaannya.

Lakukan simulasi di rumah
Bila naik pesawat adalah pengalaman pertama anak, sebaiknya Anda lakukan simulasi terbang di rumah. Ajarkan pada anak hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di dalam pesawat. Cara simulasi seperti permainan akan lebih mudah ditangkap dan diingat anak Anda.