NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Membandingkan Zidane dengan Mourinho di 178 Laga Bersama Real Madrid

Jumat, 29 November 2019 | 15:24 WIB
Oleh : Robbi Yanto,
Foto :
  • Metro.co.uk
Jose Mourinho (kiri) dan Zinedine Zidane (kanan).

VIVAnews – Zinedine Zidane menyamai catatan pendahulunya, Jose Mourinho saat menangani Real Madrid. Zidane kini telah memainkan 178 pertandingan bersama Los Blancos.

Catatan itu didapat Zidane saat Madrid diimbangi Paris Saint-Germain (PSG) 2-2 dalam penyisihan Grup Liga Champions di Santiago Bernebeu, Rabu kemarin.

Dengan hasil imbang tersebut, Madrid gagal membalaskan dendam pada pertemuan pertama saat dibantai tiga gol tanpa balas. Meski demikian, tambahan satu poin memastikan Madrid lolos ke babak 16 besar.

Rezim Zidane saat ini merupakan edisi yang kedua. Pelatih asal Prancis itu mulai menangani Madrid pada tahun 2016 dan mundur pada Juni 2018. Keputusan Zidane mengundurkan diri sangat mengejutkan, sebab ia dinilai meraih kesuksesan di Madrid.

Sebelum mundur,  Zidane membawa Madrid meraih tiga gelar Liga Champions beruntun, satu gelar LaLiga, satu Piala Super Spanyol, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Zidane hanya berpisah sembilan bulan dengan Madrid. Pada Maret 2019, ia kembali dipercaya menangani klub tersukses di dunia tersebut.

Kini, Madrid bersaing ketat dengan Barcelona di puncak klasemen LaLiga. Madrid mengoleksi 28 poin, hanya kalah produktivitas gol dari rival abadinya tersebut. 

Sementara Mourinho menjadi pelatih Madrid pada 2010 hingga 2013. Saat itu, pria asal Portugal telah memainkan 178 pertandingan di semua kompetisi.

Jika melihat statistik, Mourinho jauh lebih unggul dibanding Zidane. Melansir Marca, Mourinho memberikan 128 kemenangan untuk Real Madrid. Zidane hanya meraih 119 kemenangan.

Mourinho juga membuat Madrid mencetak lebih banyak gol ketimbang zaman Zidane. Sosok yang saat ini menjadi manajer Tottenham Hotspur tersebut membuat Madrid mencetak 475 gol dalam 178 laga. Sementara  Zidane hanya 445 gol saja.

Tapi, Zidane tak bisa diremehkan begitu saja. Jika dari statistik kalah, ia menang dalam perolehan trofi atas Mourinho. Mourinho tak mampu memberikan gelar juara Liga Champions untuk Madrid. 

Dia hanya memberikan tiga gelar juara yaitu LaLiga 2011/2012, Copa del Rey 2010/2011 dan Piala Super Spanyol 2012. Sedangkan, Zidane mampu membawa Real Madrid meraih total sembilan gelar juara.

Baca Juga:

Setahun Tak Tampil, Sekalinya Main Kiper Bangkotan Bikin MU Kalah

Janji Mengharukan Ilija Spasojevic kepada Mendiang Istrinya

Dikerjai Bonucci saat Latihan, Ronaldo Ngambek

Video Keributan Pemain Timnas U-22 dan Singapura di Akhir Laga

 

Topik Terkait
Terbaru