Pengusaha Ajak Parpol Bahas Ekonomi

Sumber :

VIVAnews - Asosiasi Pengusaha Indonesia memungkinkan kerja sama membahas program pembangunan ekonomi dengan tim ekonomi partai. Inisiatif itu sebagai bahan masukan dan evaluasi apabila partai berkuasa.

Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, luasnya perhatian partai politik, membuat kemungkinan partai tidak fokus pada ekonomi. Sebagai pelaku usaha, pengusaha harus lebih berinisiatif bekerja sama dalam memberi masukan perhal ekonomi. 

"Kalau pengusaha lebih banyak tahu mengenai ekonomi jadi bisa memberi masukan kepada mereka," kata Sofjan usai diskusi "Pengusaha Bertanya Parpol Menjawab" di Hotel Four Seasons Jakarta, Jumat 13 Februari 2009.

Menurut Sofjan, setelah partai berkuasa pengusaha bisa meminta realisasi dan evaluasi atas program-program ekonomi. "Kita minta tindak lanjut pemerintah," tutur Sofjan.

Diskusi antara parpol dan pengusaha sebelum pelaksanaan pemilu baru pertamakali dilakukan. Sebelumnya, setelah penguasa terpilih baru menandatangani kontrak dengan pengusaha. Sofjan mengatakan, kali ini pengusaha mengadakan diskusi sebelum pemilu agar mengetahui platform partai sebelum memilih parpol dengan program-program terbaik. "Kami ingin tahu program mereka," katanya.  

Setelah diskusi dengan enam parpol yaitu Partai Demokrasi Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Golkar, Asosiasi akan memutuskan apakah akan menggelar acara serupa dengan partai lain. "Belum ada rencana setelah ini tuntas," kata Sofjan.