Century Lunasi Pinjaman Rp 500 Miliar ke BI

Sumber :




VIVAnews
- PT Bank Century Tbk telah membayar fasilitas pendanaan jangka pendek sekitar Rp 500 miliar kepada Bank Indonesia.

"Ya, sekitar Rp 500 miliar lah," ujar Direktur Utama Bank Century, Maryono saat wawancara khusus dengan VIVAnews di Jakarta, akhir pekan lalu, 13 Februari 2009. Pelunasan dilakukan pada 11 Februari lalu.

Sebelumnya, Century disebut-sebut memperoleh pinjaman BI sebesar Rp 1 triliun. Namun, saat angka tersebut dikonfirmasikan ke Maryono, dia menjawab angka tersebut terlalu besar. Namun, ketika disebut Rp 500 miliar, Maryono membenarkan.

Dia mengakui Century mendapatkan fasilitas pendanaan jangka pendek dari Bank Indonesia saat mengalami kesulitan likuiditas pada November 2008 lalu. Saat itu modal bank anjlok hingga minus 2,3 persen akibat penarikan dana oleh nasabah.

Untuk mendapatkan pinjaman BI, Century memberikan jaminan sebesar 150 persen dari total kredit yang diberikan.

Menurut dia, untuk melunasi pinjaman tersebut, Century mengandalkan dana kas yang sudah dimiliki, termasuk suntikan dari Lembaga Penjamin Simpanan. Namun, dia menekankan suntikan dari LPS diberikan secara bertahap.

Saat ini, modal Bank Century sudah jauh membaik hingga di atas 8 persen sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Century juga berhasil menghimpun dana nasabah. Bahkan, dalam sehari pada dua pekan lalu, Century sukses menarik deposito hingga Rp 100 miliar.