Album Terbaru U2 Bocor di Internet

Sumber :

VIVAnews - Setelah mengalami kebocoran yang luas di awal pekan ini, streaming album terbaru U2 berjudul “No Line On the Horizon,” kini muncul di halaman situs jejaring sosial MySpace.

Pemunculan tersebut terjadi setelah sejumlah staf di Universal Music Australia secara tidak sengaja membuat No Line On the Horizon tersedia secara digital di Internet, satu minggu sebelum peluncuran resmi album yang bersangkutan. Album itu sempat tersedia untuk dibeli secara online di situs yang berhubungan dengan Universal yakni Getmusic.com.au dan sesaat kemudian beredar melalui jaringan peer-to-peer (P2P) di seluruh dunia.

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari Billboard.com, 21 Februari 2009, Universal Music dan manajemen U2 langsung mengambil langkah ekstensif untuk menjaga album itu tidak beredar luas. Kritikus dan pengamat musik tidak dikirimi kopi lagu untuk review, tetapi diundang untuk mendengarkan rekaman yang beredar secara tidak legal tersebut.

Sebelum ini, Paul McGuiness, manajer dari band rock asal Irlandia itu pernah mengejutkan industri musik dan telekomunikasi saat pidatonya di ajang MidemNet, pameran industri musik terbesar yang diselenggarakan di Cannes, Perancis sejak tahun 1967. Di ajang tahun 2008 lalu, ia mendorong Internet Service Provider untuk bertanggungjawab atas pelanggaran hak cipta.