Wilayah 'Sang Terminator' Dilanda Kekeringan

Sumber :

VIVAnews - Gubernur negara bagian California, Amerika Serikat, Arnold Schwarzenegger mengumumkan California mengalami kondisi darurat akibat kekeringan. Rendahnya curah hujan dan salju selama tiga tahun terakhir menjadi penyebab kekeringan.

Untuk mengatasi kekeringan, Schwarzenegger meminta agar kantor penyedia air mengurangi penggunaan air sebesar 20 persen. Pemeran film laga Terminator itu  juga mengutarakan bahwa pemerintah akan mengeluarkan kebijakan penjatahan air jika upaya lain tidak cukup.

"Kekeringan ini harus segera ditanggapi karena bisa berakibat buruk pada masyarakat, komunitas, ekonomi, dan lingkungan," kata Schwarzenegger dalam pernyataan pers yang dibacakan di California, Jumat, 27 Februafri 2009.

Bencana kekeringan telah memaksa para petani dan ribuan pekerja agrikultur meninggalkan ladangnya. Perusahaan penyedia California telah menyatakan tidak akan mengalirkan air ke pertanian-pertanian di California. Namun pembatasan ini bisa berubah jika kondisi membaik.

Direktur perusahaan penyedia air California, Lester Snow menyatakan industri pertanian bisa merugi hingga US$ 2,8 juta dan 95.000 orang kehilangan pekerjaannya. California merupakan penghasil produk pertanian terbesar Amerika.

Pemerintah diharapkan membantu industri dan komunitas yang terkena dampak kekeringan. Selain itu, Departemen Pengelola Sumber Air harus melindungi cadangan air. Cadangan air di reservoir California kini berada pada titik terendah sejak 1992.

Selama bertahun-tahun para gubernur, petani, dan pembuat kebijakan lainnya telah berdebat untuk meningkatkan persediaan dan sistem distribusi air serta pembangunan reservoir baru.

"Situasi ini menandai masalah struktural yang telah berlangsung sangat lama," kata direktur eksekutif Asosiasi Kantor Air California, Tim Quinn.

(AP)