Gaji PNS Naik, Premi Askes Jadi Rp5,6 Triliun

Sumber :

VIVAnews – PT Asurasi Kesehatan (Askes) memperkirakan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 15 persen bakal memicu perolehan target penerimaan premi dari peserta sepanjang tahun ini sebesar Rp 5,5-5,6 triliun.

"Biasanya kami melakukan evaluasi penerimaan premi setiap tiga bulan sekali dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan," ujar Direktur Utama Askes I Gede Subawa di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 5 Februari 2009.

Menurut Subawa, hingga Februari 2009 pihaknya belum bisa mengungkapkan jumlah premi yang sudah diperoleh. Namun dari target Rp 5,6 triliun tersebut diperkirakan per kuartal premi yang masuk Rp 1,4 triliun.

Subawa menjelaskan, kendati tahun ini diperkirakan jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja meningkat, premi perusahaan tidak akan terkena pengaruh. "Kalau asuransi yang bersifat komersial barangkali iya (terkena dampak)," ujar dia.

Namun demikian, Askes yang selama ini masih mengelola asuransi komersil (peserta berasal dari perusahaan swasta) berupaya untuk mencegah hal itu terjadi dengan membuat pangsa pasar baru. Perseroan bahkan menargetkan proyeksi pertumbuhan asuransi komersial tersebut  di atas 20 persen dari perolehan tahun sebelumnya sebesar Rp 700 miliar.

"Target kan boleh tinggi, agar memacu upaya manajemen untuk menciptakan pasar baru. Saat ini kesehatan merupakan demand," katanya.