Bantu Renovasi SD Ngolang Lombok

Sumber :

VIVAnews - Yayasan Kintari, organisasi sosial yang turut mengembangkan kebudayaan Indonesia di Ceko, yang diwakili oleh direkturnya, Jana Vozabova berpamitan kepada KBRI Praha pada Selasa, 3 Maret 2009 sebelum menuju Lombok.

Jana Vozabova bersama tim dari yayasan yang didirikannya pada tahun 2006 tersebut akan berada di Indonesia selama satu bulan dengan berbagai kegiatan, namun utamanya adalah memberikan sumbangan kepada SD Ngolang di Kuta, Lombok.

Menindaklanjuti Malam Indonesia 2009 yang diselenggarakan di Praha minggu lalu, Yayasan Kintari akan menyumbang alat-alat sekolah kepada siswa-siswi di sekolah tersebut yang antara lain dihasilkan dari kegiatan amal itu. Tahun lalu yayasan ini juga telah menyumbang perlengkapan alat sekolah dan pakaian kepada 6 Sekolah Dasar dan 3 Taman Kanak-Kanak di wilayah yang sama.

Untuk tahun 2009, Yayasan Kintari akan melakukan renovasi SD Ngolang yang sudah dalam kondisi parah. Kedatangan pada bulan Maret 2009 ini adalah untuk mulai memesan meja dan kursi bagi 6 kelas di SD tersebut karena sekarang kondisinya satu meja dipergunakan untuk 5 anak. Selain itu Jana juga akan menghitung keperluan renovasi bangunan dan mencari arsitek yang kelak dapat membantu membangun sekolah yang menurutnya atapnya sudah jebol dan tidak mempunyai lantai.

Yayasan Kintari selama satu tahun ini telah mengumpulkan uang sejumlah 60.000 Korun atau sekitar US. $. 3.000 dari hasil kegiatan menari di berbagai tempat dan menjual aneka suvenir khas Indonesia. Namun yayasan tersebut masih akan menyelenggarakan beberapa kegiatan yang hasilnya untuk menutup biaya renovasi sekolah itu.

Jana Vozabova mengatakan bahwa tujuannya membantu pendidikan anak-anak di wilayah Kuta, Lombok adalah untuk mempersiapkan masa depan anak-anak yang daerahnya kelak menjadi tempat tujuan wisata andalan, mengingat akan dibangunnya fasilitas bandara internasional dan berbagai hotel di sekitar sekolah tersebut.

Jana berharap anak-anak di Kuta, Lombok kelak akan menjadi pelaku dalam dunia pariwisata dan bukan menjadi korban dari pengembangan usaha wisata di wilayah mereka.

Selain ke Lombok, Yayasan Kintari juga akan melakukan pertunjukan tari di Surabaya dan mengambil beberapa foto di Sulawesi yang hasilnya akan dipamerkan di Ceko.

Jana Vozabova adalah salah satu mantan penerima Beasiswa Darmasiswa yang belajar di ISI Denpasar pada tahun 2004 dan telah berhasil meraih Magister Ilmu Budaya dari Charles University, Praha.                     (Perwakilan RI Praha, 4 Maret 2009)