NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

9 Fakta Menarik Iker Casillas, Legenda Real Madrid yang Segera Pensiun

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:10 WIB
Oleh : Edwan Ruriansyah,
Foto :
  • cdne.elbocon.pe
Zinedine Zidane bersama Iker Casillas

VIVAnews – Legenda Real Madrid, Iker Casillas, disebut Presiden FC Porto, Jorge Nuno Pinto da Costa, segera mengakhiri kariernya di lapangan hijau. Kiper legendaris tim nasional Spanyol ini akan mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Casillas, kini 38 tahun, terbilang sebagai kiper ajaib dan bertabur gelar atau piala. Sejak masih 18 tahun ABG, pria yang kini berusia 38 tahun ini, sudah berjaya bersama Real Madrid meraih trofi Liga Champions 2000. 

Berikut 9 fakta menarik Santo Iker, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rencana pensiun Casillas dibocorkan Presiden Porto

"Sebelum resmi maju jadi kandidat Presiden RFEF, Casillas memberi tahu saya ingin pensiun," kata Pinto da Costa.

2. Kena serangan jantung

Santo Iker gabung Porto sejak 2015. April 2019, ia terkena serangan jantung dan absen dari lapangan hijau.


3. Juara Piala Dunia 2010 

Casillas bisa dibilang sebagai salah satu kiper terhebat di dunia. Ia membuktikannya dengan membawa Spanyol mengangkat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

4. Romansa bersama Sara Carbonero 

Di Afsel juga, kisah cinta Casillas dengan reporter Sara Carbonero mendunia. Foto Sara berada di belakang gawang Spanyol, dan saat dicium Casillas usai final epik kala itu. Iker menikahi Sara pada 2016.


5. Raih 3 trofi Liga Champions bersama Real Madrid

Bersama timnas Spanyol, Casillas mencatat 167 caps. Ia juga mengantar Spanyol juara Piala Eropa 2008 dan 2012. Bersama Real Madrid, Casillas tampil lebih di 700 laga, mempersembahkan 5 trofi La Liga dan 3 trofi Liga Champions.

6. Kapten yang Langka

Iker Casillas menjadi kapten yang sangat langka di dunia. Hanya ada 3 kapten yang sukses mengangkat Piala Dunia, Liga Champions dan Piala Eropa. Selain Casillas, ada Franz Beckenbauer dan Didier Deschamps.

7. Asuransikan Tangannya

Casillas mengansuransikan tangannya pada 2007 senilai €7,5 juta ke Groupama Insurance. Asuransi itu menanggung apapun cedera tangan Iker di dalam maupun luar lapangan.

8. Calon Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF)

Dalam beberapa bulan terakhir, Casillas disebut-sebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden RFEF. Ia akan bersaing dengan incumbent Luis Rubiales.
"Saya akan bawa RFEF sebagai federasi terbaik di dunia, karena ini juga membawa nama sepakbola Spanyol," kata Casillas.

9. Pemilihan Presiden RFEF sebelum Euro 2020

Casillas tampaknya akan mendapat dukungan penuh dari Presiden LaLiga, Javier Tebas, yang notabene saat ini jadi musuh Rubiales. Konflik Tebas vs Rubiales seputar jadwal pertandingan, laga di luar negeri dan penundaan El Clasico, Oktober 2019. Rencananya, pemilihan Presiden RFEF akan digelar sebelum Euro 2020 dimulai pada 12 Juni.

Topik Terkait
Terbaru