NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Liverpool, Sang Raja TikTok Premier League

Kamis, 28 November 2019 | 13:09 WIB
Oleh : Zaky Al-Yamani,
Foto :
  • instagram
Pemain Liverpool merayakan gol

VIVAnews – Liverpool menjadi klub Premier League pertama yang melewati satu juta pengikut (follower) di platform video pendek TikTok. Pencapaian ini membuat Liverpool menjadi raja TikTok Premier League. 

TikTok yang juga dikenal sebagai Douyin, adalah platform video musik asal China yang dliuncurkan pada September 2016. TikTok pun menjadi salah satu platform terpopuler dan paling banyak diunduh di dunia digital

Seperti dikutip dari Sportspromedia, Kamis 28 November 2019, Sejak secara resmi meluncurkan akun @liverpoolfc pada lima bulan lalu, Liverpool telah mengumpulkan total 1,1 juta pengikut (follower). 

Dalam periode yang sama, Liverpool yang memfokuskan terutama pada konten yang menghibur, telah memperoleh 6,5 juta like (suka) pada postingan mereka. Liverpool juga menghasilkan lebih dari 81 juta view (tayang).

Tidak hanya itu, Liverpool pun menjadi klub sepakbola Eropa terpopuler kedua di TikTok. Jumlah pengikut Liverpool hanya kalah dari Spanyol Barcelona, ??yang memiliki total 1,7 juta pengikut.

Liverpool tampaknya sadar bahwa penggunaan berbagai platform di dunia digital bisa mengangkat popularitas mereka secara global. Pada Mei 2019 lalu, Liverpool menjadi klub Premier League pertama yang meluncurkan akun resmi pada platform ByteDance.

Tidak hanya untuk meningkatkan popularitas, kehadiran akun resmi klub di berbagai platform dunia digital juga diketahui memiliki keuntungan ekonomi yang tidak bisa dipandang sebelah mata dan diabaikan.

Sebuah studi baru-baru ini yang menggunakan data dari Influencer Marketing Hub, menyebutkan bahwa Liverpool memiliki potensi mendapatkan $522 perposting. Studi berdasarkan jumlah follower, loke dan komentar.

Menariknya, langkah Liverpool ini ternyata tidak diikuti rival mereka di Premier League. Klub seperti Arsenal, Chelsea, dan Manchester United kehilangan potensi uang di TikTok karena tidak memiliki akun resmi pada platform itu.

Topik Terkait
Terbaru