Pengobatan China Makin Diminati

Sumber :

VIVAnews - Ternyata, untuk menyembuhkan rasa pegal di sekujur tubuh, aktris Hollywood, Gwyneth Paltrow menjalani cupping atau kop. Yaitu, salah satu teknik pengobatan China yang menggunakan gelas-gelas bulat untuk menlancarkan peredaran darah.

Dalam pengobatan Cina dikenal teori pengobatan yang memperhitungkan yin dan yang, lima unsur (kayu, api, tanah, logam, dan air), fenomena organ dalam yang terbagi menurut organ zang (jantung, hati, limpa, paru-paru, dan ginjal) dan organ fu (meliputi perut, usus halus, usus besar, kantong empedu, kantong kemih, dan selaput jantung), energi vital (qi), darah,   kondisi luar pasien (perubahan cuaca), serta emosi pasien.

Teknik pengobatan ini, kini, memang makin diminati. Pasalnya, menggunakan pengobatan tanpa bahan kimia, sehingga dianggap aman. Nyatanya, saat ini lokasi klinik-klinik yang memakai teknik pengobatan China tak  lagi terbatas di lorong-lorong sempit kawasan pecinan, tapi juga sudah merambah ke kawasan elite di Jakarta.

Berikut ini beberapa cara pengobatan yang  paling sering dipakai.
Ramuan Cina
Menurut buku Essence of Traditional Chinese Medicine, dalam usahanya bertahan hidup, leluhur orang Cina mengonsumsi buah liar, benih, dan berbagai tanaman. Dari situlah mereka mengetahui bahwa ada banyak tanaman dan buah yang bisa dijadikan obat. Dari kegiatan berburu, mereka mendapati bahwa banyak hewan dan mineral yang juga memiliki khasiat penyembuh.
   
Akupunktur
Pengobatan ini merangsang akupoin di permukaan tubuh untuk menyeimbangkan qi, darah, yin, dan yang di bagian tubuh yang terkena. Akupunktur menggunakan jarum  sangat halus terbuat dari logam atau baja antikarat berukuran 15 mm hingga 100 mm, dengan ketebalan berbeda-beda untuk dimasukkan pada akupoin.

Terapi pijat atau tuina
Ada delapan teknik pijat yang berguna merangsang sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan kulit, dan mengatur sistem saraf, yakni mendorong, menggenggam, menekan, mengetuk, menekan dengan kuku, mengurut, memilin, dan menepuk. Dalam hal pijat ini, kita mengenal pijat refleksi kaki. Mengapa kaki? Karena, para tabib Cina percaya, ada 6 saluran utama dan 66 akupoin pada kaki seseorang yang berhubungan langsung dengan organ dalam tubuh.

Terapi senam
Orang Cina percaya, jika melakukan gerakan senam (seperti tai chi, chi kung) secara teratur, bisa meningkatkan vitalitas, menggantikan qi dalam darah, membersihkan organ rubuh, dan menyelaraskan yin dan yang dalam tubuh.

Kop atau cupping
Menggunakan prinsip hampa udara, cangkir ditangkupkan ke permukaan kulit untuk menciptakan kepadatan lokal yang bisa mengobati penyakit. Kop ini berguna untuk mengatasi rematik, mengeluarkan racun, melancarkan qi dan darah, mengurangi bengkak, dan meredakan nyeri.

Di Mana Bisa Berobat?
1. Klinik & Rumah Obat Beijing Tong Ren Tang
Jl. HOS Cokroaminoto No. 73-75, Jakarta 10350
Telp. (021) 3919088

2. Hwato Traditional Chinese Medicine Center
Gedung Granadi Lt. 6, Jl. HR Rasuna Said Blok X-1 Kav 8-9
Kuningan, Jakarta 12950
Telp.(021) 5253975

3.Utomo Chinese Medical Center
Jl. Pinangsia Raya 66 E, Jakarta 11110
Telp. (021) 6265523.

4.Klinik Panca Medika
Jl. Gerbang Pemuda Kav 3, Komp. Taman Ria Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 5741674