Kapal Angkatan Laut Inggris ke Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Salah satu kapal survey tercanggih Inggris HMS ECHO akan singgah ke Indonesia, tanggal 24 Januari 4 Februari 2009 untuk mengisi bahan bakar dan rotasi awak kapal.

Tidak hanya itu, melalui lawatannya, Inggris berencana meningkatkan hubungan kedua negara, terutama dengan organisasi survey AL Dishidros. 

Kapten Kapal HMS Echo Gary Brooks mengatakan, kunjungan tersebut diharapkan dapat mempererat hubungan ke dua negara.

"Kami berlayar selama 9 bulan dan telah mengunjungi beberapa tempat yang menarik, dan yang pertama kali kami mengunjungi tempat dibagian selatan garis khatulistiwa," ujar Gary Brooks, melalui keterangan persnya yang diterima VIVAnews, Jumat, 23 Januari 2009.   

Kunjungan ini memiliki arti yang amat sangat signifikan bagi Angkatan Laut Inggris, yang pernah bekerjasama dengan TNI AL saat tragedi Tsunami 2004 lalu. Selain HMS Echo, para staf dari UK Hydrographic Office – organisasi Inggris yang sepadan dengan Dishidros juga akan berada di Jakarta pada waktu yang sama.

Para awak kapal HMS ECHO juga akan mengadakan serangkaian kegiatan termasuk proyek lingkungan dengan pesantren di Jakarta serta berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola dengan para jurnalis Indonesia.

Setelah mengalami kekalahan dari tim kapal AL Inggris HMS KENT tahun lalu, para jurnalis Indonesia berharap dapat memperbaiki catatan prestasi mereka dalam pertandingan melawan HMS ECHO minggu depan.

Awak kapal HMS ECHO juga berharap dapat mempergunakan kesempatan kunjungan ini untuk menelusuri keindahan Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya – bagi sebagian awak kapal kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kalinya.