Penampungan TKI Ilegal di Ciledug Digerebek

Sumber :

VIVAnews - Petugas BNP2TKI Tangerang melakukan penggerebekan terhadap tempat penampungan TKI ilegal yang berada di kawasan Jalan pesantren Al Makmur, Ciledug, Tangerang Banten.

Dalam penggerebekan yang dilakukan sore tadi, petugas BNP2TKI mengamanakan sekitar 85 wanita yang akan dijadikan sebagai TKI di negara Malaysia dan Singapura.

Puluhan wanita yang berada ditempat penampungan ilegal itu berasal dari beberapa tempat di Jawa dan Sumatera. Sebagian besar dari mereka berasal dari Jombang, Lampung, Sukabumi dan Indramayu. Namun ada juga dari mereka yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Terbongkarnya penampungan TKI ilegal dengan nama PT Dasindo Buola Sari berawal dari laporan warga. Karena warga sempat melihat ada 12 wanita yang keluar dari penampungan pada malam hari dengan melompat pagar.

Salah satu wanita asal Jombang bernama Santi mengaku, sudah berada ditempat penampungan sejak dua bulan lalu. Para agen yang mengajak mereka berjanji akan mengirim mereka ke Malasya dan Singapura sebagai pembatu rumah tangga. 

Santi menambahkan, sejak berada ditempat penampungan dirinya sering diperlakukan kasar oleh para pengajaran. Mereka kerap menerima pemukulan jika malas.

"Walaupun sakit, mereka tidak akan memberi obat," ujar Santi.

Sementara itu Kapala Sub Bidang Pengamanan BNP2TKI, Komisari Besar Yumarlin Munir mengatakan, penggerebekan diduga sudah bocor. Karena tidak ada satupun orang yang bertanggung jawab dari penampungan itu saat penggerebekan.

"Setelah didata, para calon TKI ini akan dikembalikan ke rumah mereka masing-masing dengan biaya negara," ujar Yumarlin.