Terminal 3 Tampung 20 Juta Penumpang

Sumber :

VIVAnews - Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta didesain memiliki lima pier atau sub terminal. Satu sub terminal memiliki daya tampung sekitar empat juta penumpang.

Satu sub terminal telah diujicobakan sejak 15 April 2009. Dan hari ini, Selasa 28 April 2009, akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Terminal 3 pier 1 ini difungsikan untuk dua penerbangan domestik Air Asia dan Mandala. Seluruh aktivitas kedua maskapai pun telah dipindahkan dari Terminal 1C mulai dari check ini, kedatangan, dan penerbangan. Hanya kegiatan reservasi yang masih berada di Terminal 1C. 

Pier 1 terdiri atas dua lantai. "Lantai bawah untuk check in penumpang dan cabin area. Sedangkan lantai dua digunakan untuk penerbangan dan business area," kata Humas Angkasa Pura II, Trisno Heriyadi.

Terminal 3 didesain untuk pesawat berbadan sempit dan lebar. Bahkan dalam jangka panjang, terminal yang telah dua pekan beroperasi ini akan dikhususkan untuk menampung maskapai berbiaya murah atau low cost carrier.

Pembangunan terminal yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektare itu dilakukan secara bertahap. Empat sub terminal lainnya ditargetkan rampung pada 2013. Total anggaran mencapai Rp 300 miliar dari kas Angkasa Pura II.

Pembangunan Terminal 3 merupakan salah satu upaya pengelola bandara untuk mengurangi beban penumpang di Terminal 1 dan 2.

Dua terminal lama itu didesain untuk pergerakan penumpang hingga 2020 dengan daya tampung maksimal 18 juta penumpang per tahun. Namun belum sampai 2020, jumlah penumpang sudah menembus angka 32 juta penumpang per tahun.