PM Irak Akan Kunjungi Australia

Sumber :

VIVAnews - Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki akan mengunjungi Australia pekan ini. Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengatakan, kedatangan al-Maliki adalah untuk membicarakan hubungan kedua negara.

“Saya sangat ingin berdiskusi dengan al-Maliki mengenai hubungan Irak dan Australia dalam masa transisi dari hubungan militer ke hubungan yang lebih luas lagi,” kata Rudd di Melbourne, Australia, pada Minggu (8/3) seperti dikutip laman Channel News Asia.

Juni lalu, Australia telah menarik 550 tentara dari Irak bagian selatan. Sebanyak 145 prajurit Australia masih tinggal di Irak. Penarikan tentara ini merupakan upaya Rudd memenuhi janjinya saat kampanye, akhir 2007 silam.

Rudd menyatakan Australia akan terus mendampingi Irak dalam upaya meraih kesejahteraan bagi warganya. “Australia sangat mendukung usaha Irak menegakkan demokrasi melalui pemilihan umum bebas dan terbuka,” ucap Rudd.

Pemerintah Irak sendiri terus berusaha melakukan rekonsiliasi. Akhir pekan lalu, al-Maliki meminta para pemimpin suku di Irak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan Irak. Al-Maliki berharap para penganut aliran Sunni, Syiah, dan sekte-sekte lainnya bergabung memperbaiki kehidupan politik Irak. 

“Seluruh warga Irak harus menyambut perubahan,” ucap al-Maliki pada sejumlah syekh bangsa Arab, Kurdi, dan Turki yang tinggal di Irak dalam sebuah konferensi seperti dimuat laman stasiun televisi CNN.