Kabin Jet Prabowo Terbesar di Kelasnya

Sumber :

VIVAnews -- Dua pekan menjelang pemilu legislatif merupakan masa-masa krusial bagi seluruh penggiat partai, yang sedang getol-getolnya menyambangi daerah-daerah untuk berkampanye, demi menangguk simpati dari para pemilihnya di seantero nusantara.

Setidaknya, perjalanan kampanye ke daerah-daerah bisa terasa lebih nyaman bila menggunakan pesawat jet - bukan pesawat komersial, seperti yang dilakukan oleh Hashim Djojohadikusumo, adik kandung Prabowo yang turut berkampanye untuk Partai Gerindra.

Apalagi, bila jet yang ditumpangi adalah jet eksklusif semacam Embraer Legacy Executive 600, yang memang milik keluarga Prabowo pribadi.

Pesawat jet ini memang lebih banyak dipakai oleh Hashim. Sedangkan, Prabowo memilih menyewa Fokker 100, juga pesawat jet milik Premi Air yang mempunyai kapasitas lebih dari 32 tempat duduk. Prabowo memilih pesawat ini karena rombongannya lebih banyak sehingga perlu kapasitas lebih besar.

Sedangkan, Embraer Legacy Executive 600 adalah jet kelas satu yang hanya berkapasitas 16 kursi. Kapasitas itu lebih sedikit dari Embraer Legacy Shuttle yang memiliki kapasitas hingga 19 kursi.

Namun, dengan kapasitas yang lebih sedikit, jet ini mampu menerbangkan penumpangnya hingga 6000 km tanpa henti. Sedangkan Legacy Shuttle hanya mampu menempuh jarak 3600 km tanpa henti.

Jet memiliki kokpit terbesar di antara jet sekelasnya dan memiliki teknologi ergonomis dan resource management mutakhir yang diklaim mampu memudahkan tugas pilot.

Di belakang kokpit, terdapat sebuah dapur luas tempat meracik penganan dan minuman selama penerbangan, dilengkapi dengan lemari dan rak-rak menyimpan peralatan makan.

Jet itu juga memiliki kabin yang terbesar di kelasnya, yang dibagi menjadi beberapa wilayah privasi terpisah, terdiri dari daerah kabin pertama, kabin kedua, dan kabin ketiga.

Wilayah kabin pertama terdiri dari empat kursi empuk, yang saling berhadapan dua-dua. Di tempat itu penumpang bisa bekerja, makan, berbincang-bincang, atau istirahat.

Di wilayah kabin kedua, terdapat empat kursi yang juga berhadapan dua-dua, yang dipisahkan dengan meja. Selain itu, di kabin ini juga tersedia lemari panjang untuk menyimpan barang.

Adapun pada daerah kabin ketiga terdapat sebuah kursi panjang yang bisa digunakan utuk berbaring, serta dua kursi yang saling berhadapan.

Pada kabin, juga disediakan dua buah TV 17 inci berlayar datar, sebuat pemutar DVD yang dilengkapi dengan pengontrol audio dan video tersendiri, serta pemutar MP3 yang akan menghibur penumpang selama perjalanan.

Dengan kenyamanan dan fasilitas yang ditawarkan jet ini, agaknya, perjalanan berkampanye tak ubahnya seperti perjalanan pelesir ke tempat wisata.