Warga Ceko Pamerkan Foto-foto Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Pameran Foto Indonesia yang diselenggarakan oleh Lenka Kyrianova, mantan penerima Beasiswa Darmasiswa menarik minat masyarakat kota Sedlcany, Ceko. Pameran tersebut akan berlangsung dari 29 April sampai 31 Juli 2009.

Bertempat di Kulturni Dum Josefa Suka, pameran yang dibuka oleh Azis Nurwahyudi, mewakili Duta Besar Indonesia untuk Ceko, Salim Said, pada Rabu 29 April 2009. Pameran itu merupakan kegiatan budaya Indonesia oleh generasi muda Ceko.

Lenka Kyrianova, merupakan salah satu contoh generasi muda Ceko yang aktif mempromosikan Indonesia. Lenka merasa begitu dekat dengan Indonesia, terutama Yogyakarta, setelah pada tahun 2008  belajar di Universitas Gadjah Mada.

Menurut Lenka, karena kecintaannya pada Indonesia, dia ingin berbagai pengalaman tentang Indonesia dengan masyarakat kota tempat dia dibesarkan dengan cara memamerkan foto-foto yang dibuatnya.

Foto-foto yang dipamerkan oleh Lenka tidak saja mengenai aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Yogyakarta dan berbagai tempat menarik disekitarnya, seperti Kraton dan Borobudur, tetapi juga keindahan alam Indonesia di pulau lain seperti Maluku, Siberut, Nias, Flores, Komodo dan tentu saja Bali.

Foto foto lain yang tidak kurang menarik adalah pengalaman selama mendaki Gunung Bromo, yang dituangkannya dalam sesi khusus pemutaran slide show. Presentasi yang menceritakan Indonesia melalui berbagai foto tersebut mendapat sambutan hangat dari pengunjung yang memenuhi aula gedung kebudayaan kota tersebut.

Lenka juga menceritakan pengalamannya selama belajar di UGM dan mendorong anak-anak muda dari kota itu untuk mengikuti langkahnya dengan mempelajari kebudayaan Indonesia melalui program Beasiswa Darmasiswa yangs etiap tahun disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mahasiswa asing dari berbagai negara.

Selain foto, Lenka juga memamerkan koleksi kain Batik dan kerajinan tradisional lain yang dia kumpulkan selama di Indonesia. Bahkan Lenka juga menyajikan nasi rendang dan perkedel disertai minuman teh dan kopi khas Indonesia.