Titik Terang dari Ikat Pinggang dan Baju

Sumber :

VIVAnews - Makam yang diduga kuat sebagai kuburan Ibrahim Datuk Tan Malaka rencananya akan dibongkar bulan depan. Pembongkaran itu bertujuan untuk memastikan identitas si pahlawan nasional itu berdasarkan DNA dan barang-barang peninggalan lainnya.

"Proses identifikasi itu ada banyak hal, bisa melalui buah baju, ikat pinggang, ada beberapa benda yg masih bisa mengidentifikasi jasad beliau selain DNA," kata Panitia Pencarian Makam Almarhum Datuk Tan Malaka, Asmun Ahmad Syu'eib, kepada VIVAnews melalui telepon, Selasa, 17 Februari 2009.

Menurut Asmun, barang-barang peninggalan Tan Malaka itu diharapkan masih terkubur di dalam makam itu. Barang-barang peninggalan seperti ikat pinggang dan baju itu memiliki ciri spesifik yang hanya dimiliki Tan Malaka. "Jadi barang-barang itu bisa jadi bahan pembanding untuk identifikasi," ujar dia.

Bila akhirnya terbukti bahwa jasad yang dimakamkan itu adalah Tan Malaka, maka pemerintah akan memfasilitasi langkah selanjutnya. Dan sudah diputuskan, bahwa lokasi pemakaman tidak akan dipindahkan. "Akan diambil alih Departemen Sosial. Mulai dari pemakaman kembali, upacara kenegaraan, dan pemugaran makam," tegas dia.

Saat ini makam yang ditemukan Harri A Poeze dan akan dibongkar itu berada di Desa Selo Panggung di Kaki Gunung Wilis, Kediri, Jawa Timur. Makam itu diduga sebagai lokasi makam Tan Malaka yang meninggal pada 21 Februari 1949. Penembak Tan Malaka hingga kini identitasnya masih berupa inisial.

Rencananya, Maret 2009 makam yang ditemukan Poeze itu akan dibongkar oleh Panitia Pencarian Makam Almarhum Datuk Tan Malaka. Proses perizinan pembongkaran itu sudah dilakukan panitia dan kini sudah memasuki proses administrasi. Semua pihak dilibatkan mulai dari kepala desa, kepolisian, kejaksaan, hingga dinas sosial.