Mengapa Pertemuan Yudhoyono-Hilmi di Cikeas

Sumber :

VIVAnews - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hilmi Aminuddin. Pertemuan itu digelar di kediaman pribadi Yudhoyono. Mengapa pertemuan itu digelar di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Presiden PKS, Tifatul Sembiring pun memberikan alasan itu dalam perbincangan kepada VIVAnews melalui telepon, Rabu, 25 Maret 2009. Usulan pemilihan tempat pertemuan ternyata datang dari Yudhoyono.

Saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, PKS menjadikan Kantor Pusat sebagai lokasi acara. Begitu juga saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Waktu itu Pak Yudhoyono bilang, Kalau Pak Kalla itu kan ketua umum, Cak Imin ketua umum. Kalau pertemuan antara DPP (Dewan Pimpinan Pusat) itu di kantor pusat tidak apa-apa. Tapi kalau pertemuan dengan saya, kita cari tempat lain saja," kata Tifatul mengutip pernyataan Yudhoyono.

Akhirnya, dipilihlah kediaman pribadi Yudhoyono sebagai lokasi pertemuan antara dua ketua dewan penasehat partai itu. "Tapi itu tempat yang netral," ujar Tifatul.

Pertemuan antara Hilmi dengan Yudhoyon berlangsung Selasa 24 Maret 2009 malam. Tempatnya dipilih secara khusus, yaitu di rumah pribadi Yudhoyono, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Menurut Tifatul, pertemuan itu diatur oleh PKS.

Seperti diketahui, PKS hingga kini tidak hanya melakukan komunikasi dengan Demokrat. PKS juga sudah mengundang beberapa partai ke Kantor Pusat partai. Partai yang sudah menjalin komunikasi dengan PKS antara lain, Golkar, PPP, dan PKB.