Mari Mengenal Situ Gintung

Sumber :

Situ Gintung jebol. Danau raksasa itu merendam sejumlah rumah.  Mobil-mobil nyangkut di pohon.  Hingga kini jumlah korban tewas sekitar 32 orang. Jumlah itu masih mungkin bertambah, sebab pencarian korban masih berlangsung.

Ini danau alami bukan buatan. Salah satu  tempat wisata alternatif untuk warga Jakarta. Walau cukup sohor, banyak pula yang belum tahu di mana sesungguhnya lewat Situ Gintung itu.

Danau atau Situ Gintung itu terletak di sebelah Selatan Kota Jakarta. Situ itu masuk wilayah Desa Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tanggerang. Daerah wisata ini tak begitu jauh dari Jakarta. Jika Anda mengunakan mobil, hanya sekitar 10 penuh menit dari Pondok Indah.

Karena jaraknya yang dekat itu, maka saban hari libur, warga mengular membeli tiket di pintu masuk. Untuk orang dewasa harus membayar tiket masuk  Rp 4000 dan anak-anak Rp 2000. Itu harga hari biasa.

Bila Anda ke sanadi hari libur harga tiketnya Rp 5000 untuk orang dewasa. Banyak pula orang berpesta di sini. Dari sekedar reuni,  pesta kebun, pesta wisuda, family Gathering, bikin video klip hingga shooting sinetron.

Banyak fasilitas yang tersedia di sana. Antara lain restoran, taman rekreasi dan kolam renang yang menghadirkan suasana pegunungan. Ada pula tempat bermain untuk anak-anak, lapangan olahraga, pemancingan, zona petualang dan waterboom.

Di tengah danau itu terdapat sebuah pulau yaitu Paulau Situ Gintung. Semua fasilitas wisata itu kini hancur lebur setelah tanggul danau ini tiba-tiba jebol dini hari tadi.