Ikan Juga Bisa Berhitung

Sumber :

VIVAnews - Kalian tahu tidak, kalau ikan ternyata juga hewan yang pintar. Karena, menurut penelitian terbaru, saat ikan-ikan berenang di air, ia juga melakukan kegiatan berhitung.

Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan pada ikan jenis Mosquitofish yang banyak tinggal di Amerika Utara. Saat diteliti ikan-ikan tersebut dapat menghitung ukuran benda-benda geometrik yang ada di laboratorium penelitian.

Sepuluh dari ikan-ikan dilatih di dalam akurium untuk bergabung dengan ikan-ikan lain yang sudah bisa mengenali ukuran benda. Salah satu ikan dari sepuluh ikan kemudian dipindahkan ke akuarium lain untuk melihat kemampuannnya mengenali ukuran benda.

Hasilnya, ikan-ikan lebih mudah mengenali ukuran benda saat berada dalam kelompok. Hal itu menurut kepala peneliti, Christian Agrillo, dari Universitas Padova di Italia.

Dengan bisa mengenali bentuk ukuran, dan jumlah benda geometrik, ikan-ikan tersebut dianggap bisa menghitung.

"Sekarang kita tahu bahwa ikan juga memiliki kemampuan untuk berhitung," kata Agrillo.

Kemampuan berhitung sederhana adalah dengan mengetahui bentuk-bentuk dari sebuah gambar atau benda. Ikan tersebut terbukti memiliki kemampuan berhitung, dan menurut Agrilo, kemampuan itu digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan pemangsa lain.