Wiranto: Koalisi Tunggu Hasil KPU

Sumber :

VIVAnews - Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menyatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P) Megawati Soekarnoputri bukan membicarakan soal koalisi partai. Namun, pada pertemuan di mana bersama dalam satu koridor semangat kebersamaan bahwa negeri ini harus ada perubahan.

"Jadi, ada suatu kondisi agar dapat kita rubah menjadi betul-betul yang lebih jelas," ujarnya di kediaman Megawati Jl Teuku Umar, Jakarta, Jumat, 10 April 2009.

Dia menambahkan, sehingga pertemuan keduanya jangan diartikan membicara koalisi itu. "Untuk proses koalisi, kami masih tunggu hasil dari KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata Wiranto.

Wiranto mengakui, perolehan sementara yang didapat dari penghitungan cepat (quick count) dari lembaga survei, belum bisa membuat partainya mengambil langkah lebih jauh. "Jadi, kita menunggu hasil yang bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Begitu pula, kata dia, keduanya juga belum membicarakan soal calon presiden. "Yang kita bicarakan saat ini yaitu sebuah sistem yang kita amati. Tapi, nanti akan ada proses semangat yang lebih lanjut untuk perubahan," kata Wiranto.

Wiranto mengaku, seperti yang dijanjikan sebelumnya bahwa setelah Pemilu dirinya akan melakukan komunikasi politik untuk bisa menyamakan satu penyikapan terhadap pemnyelenggaraan Pemilu.

Apalagi, dia menambahkan, Oktober nanti harus ada Presiden baru, sehingga malam ini pertemuan lebih membicarakan untuk mendesak tranparasi Pemilu di banyak tempat. "Pokoknya, jangan sampai menggangu proses konstitusional nanti malah merepotkan," ujar Wiranto.