Layanan Telekomunikasi Siap Sambut WOC

Sumber :

VIVAnews - World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Summit (CTI) akan digelar tepat minggu depan selama enam hari sampai 15 Mei. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan suara (voice) dan data (internet), pemerintah telah meminta operator telekomunikasi lokal untuk mengoptimalisasi layanan.

“Kami sudah menginformasikan sekaligus meminta kepada operator-operator telekomunikasi yang menjangkau daerah sekitar wilayah WOC, meliputi Manado, Bunaken, dan sekitar bandara,” kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi Depkominfo, di sela konferensi pers WOC & CTI di gedung Depkominfo, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 4 April 2009.

“Kami sudah minta mereka untuk concern layanan telekomunikasi di daerah sana. Karena akan ada sekitar 4.000 tamu yang akan menggunakan layanan suara dan data secara optimum,” ucap Gatot.

Untuk sejumlah operator telekomunikasi yang BTS-nya masih dalam tahap pembangunan, pemerintah menganjurkan agar para operator memanfaatkan mobile BTS.

“Di Manado, memang tidak seluruh operator selular memiliki BTS yang siap pakai. Untuk BTS-BTS yang pembangunannya belum sempurna, kami anjurkan untuk memakai mobile BTS,” kata Gatot.Seluruh operator seluler selain Axis, Smart, dan 3 sudah diinformasikan dan menyatakan siap mendukung event tersebut.

Terkait persoalan internet, pemerintah mengaku juga telah meminta penyelenggara telekomunikasi dan sejumlah Internet Service Provider (ISP) untuk meningkatkan kapasitas bandwidth-nya.

“Layanan data dinilai cukup krusial sepanjang konferensi berskala internasional itu digelar. Karena itu, kita akan optimalisasi infrastrukturnya. Bahkan, di beberapa titik kita juga instalasi hot-spot untuk Wi-Fi,” ucapnya.