Dunia Menantikan Pelantikan Obama

Sumber :

VIVAnews - Bukan hanya rakyat Amerika yang rela pagi-pagi mengarungi musim dingin untuk menyaksikan pelantikan Barack Obama. Di berbagai belahan dunia lainnya tak ketinggalan Indonesia, orang-orang juga antusias menanti orang kulit hitam itu memimpin Amerika Serikat.

Di Kenya, di mana separuh darah Obama berasal, orang memotong sapi dan kambing untuk merayakan pelantikan Presiden Amerika ke-44 itu. Mereka memasang layar melihat proses pelantikan Obama, berselang setahun setelah Pemilu di Kenya yang berdarah-darah karena ketegangan etnis.

"Pemilu kami di Kenya benar-benar punya masalah dengan etnisitas... Amerika telah menunjukkan bahwa etnisitas sebenarnya bukan masalah besar," kata Joseph Osoo, salah satu peserta perayaan.

"Orang-orang Kenya sangat bangga putra mereka akan menjadi pemimpin Amerika," katanya.

Di Indonesia, ratusan orang juga memperingati pelantikan sekaligus menyaksikan proses pelantikan di Hotel JW Marriot. Di antara pesertanya adalah teman-teman masa sekolah Obama dulu di SD 01 Menteng.

Di kompleks Perserikatan Bangsa-bangsa, Wina, Austria, seseorang telah menulis slogan Obama "Yes We Can" dalam skala besar di saljut. Para pekerja PBB bisa menyaksikan tulisan itu dari atas gedung. "Misterius siapa yang membuatnya," kata Melissa Fleming, juru bicara Badan Atom Internasional yang berkantor di sana.

Di Swedia, penyanyi Afro-Amerika Cyndee Peters menggelar acara 'Gala untuk Obama' yang menghadirkan artis-artis berbagai macam untuk memperingati pelantikan.
 
Keramaian yang sama juga terjadi di berbagai belahan dunia lain. Di London (Inggris), Obama (Jepang) dan tentu di kota-kota Amerika.