Ganti Presiden, Web Gedung Putih Ganti Wajah

Barack Obama
Sumber :

VIVAnews - Begitu Barack Obama selesai mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden baru Amerika Serikat, Selasa tengah hari 20 Januari 2009 (Rabu dini hari WIB) laman resmi kepresidenan www.whithehouse.gov langsung berubah wajah. "Change has come to America" (perubahan telah muncul di Amerika) - demikian laman "Gedung Putih" menyambut pengunjung dengan menampilkan foto suasana pelantikan Obama.

Tampilan laman yang dulu masih memajang foto-foto George W. Bush telah berganti dengan gaya dan fitur yang baru dan lebih interaktif. Galeri foto disimpan di bagian atas, dan pengunjung bisa mengaktifkan layanan email updates - yaitu kiriman email mengenai informasi seputar Gedung Putih.    

Selain itu, ada pula blog Gedung Putih dan fitur "briefing room" yang memuat link video mingguan, slide show, proklamasi dan perintah eksekutif serta berita-berita pengangkatan pejabat baru.   

"Ini merupakan langkah awal yang besar dan menjadi wadah bagi politik yang partisipatif dan hubungan antara presiden dan rakyat," kata Andrew Rasiej, pendiri Personal Democracy Forum dan techPresident.com seperti yang dikutip stasiun televisi CNN.

Pengunjung lama juga bisa mengirim pendapat atau unek-unek kepada presiden dan para staf. Namun setiap kiriman komentar dibatasi maksimal 500 karakter. "Presiden Obama berkomitmen untuk menciptakan pemerintahan yang paling terbuka dan dapat diakses publik sepanjang sejarah Amerika," demikian pengumuman laman White House di bagian Contact Us.