Gemuruh Barongsai di Senayan City

Sumber :

VIVAnews - Gong... Suara lempengan besi pertanda sang Singa muncul. Singa jingga itu meliuk-liuk mengikuti alunan suara yang berpadu menjadi musik.

Kepala singa muncul di lantai dasar pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta. Atraksi ini mengundang perhatian dari pengunjung pusat perbelanjaan itu.

Sepanjang bibir lantai di lima lantai pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta, penuh dengan pengunjung yang ingin menyaksikan singa jingga itu. Huaaa... suara kagum pengunjung melihat singa itu melompat.
 
Pemandangan itu adalah salah satu atraksi barongsai. Atraksi seperti ini biasa ditemui kala hari Imlek tiba. Hari di mana warga Tionghoa merayakan pergantian tahun. Kebetulan Tahun Baru Imlek tahun 2506 jatuh pada 26 Januari 2009.
 
Decak Kagum penonton tak berhenti begitu saja. Tak hanya tepuk tangan, pengunjung juga mengabadikan kelincahan sang singa melalui alat perekam mereka. Mulai dari kamera telepon genggam hingga kamera profesional.
 
"Kereen," komentar Hans ketika melihat singa kuning meloncat. Loncatannya seperti tengah menggoda sang singa jingga. Kata yang sama terlontar ketika naga kuning memasuki panggung. Hans datang bersama keluarga tengah menghabiskan waktu liburnya. "Buat refreshing aja,"ujar Ibunda Hans, Betty.
 
Namun tidak semua anak menyukai Barongsai. Tengoklah Richard. "Mom... Stop," kata dia sambil menutupi kedua indra pendengarannya dengan kedua tangannya. Anak Bule itu merapat memeluk kaki sang Ibu. Ia tak tahan mendengar suara musik barongsai yang menyentak-nyentak itu.
 
Kesenian yang mulai populer sejak 420-589 masehi itu memang menjadi tontonan wajib setiap Imlek. Konon Barongsai digunakan seorang panglima Zhong Que untuk mengusir lawan. Usahanya itu berhasil dan melegenda.