Berat Badan Normal Semasa Hamil

Sumber :

VIVAnews - Saat mengandung, perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seringkali bisa membuat Anda bingung. Dua pertanyaan yang sering muncul, seperti, berapa kenaikan berat badan yang normal setiap bulannya? Atau, mengapa janin dalam kandungan jarang bergerak? Anda bisa mendapat jawabannya di sini!

Untuk mengetahui kecukupan kenaikan berat badan Anda selama hamil, perlu diketahui berat badan sebelum hamil.  Kenaikan berat badan total pada akhir kehamilan berkisar antara 6-12 kg dari berat badan awal.

Bila sebelum hamil berat badan Anda kurang dari berat badan ideal, maka akan lebih baik selama kehamilan berat badan Anda naik hingga mencapai berat badan ideal, ditambah minimal 6 kg. 

Sebaliknya, bila berat badan sebelum hamil lebih berat dari ideal,  kenaikan berat badan pada kehamilan jangan berlebihan. Jadi, kenaikan berat badan yang berlebih semasa hamil tidak selalu berarti baik

Dengan kebiasaan makan makanan bergizi, tentunya janin masih akan terus tumbuh dalam waktu tersebut dan berat badan jabang bayi yang diinginkan, kemungkinan akan tercapai.

Sedangkan janin di dalam rahim memiliki ‘aturan’ atau ‘kebiasaan’ tidur dan bangun sendiri.  Pada saat ia sedang bangun, maka Anda akan merasakan gerakan-gerakannya. Mungkin pada saat ia banyak bergerak, Anda tengah sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak menyadarinya.

Gerakan janin pada kehamilan pertama, biasanya mulai dirasakan pada usia kehamilan 20 minggu.  Sedangkan pada kehamilan selanjutnya dapat dirasakan lebih dini.  Makin tua usia kehamilan, gerakan janin akan meningkat kekerapan dan kekuatannya. 

Rata-rata gerakan janin normal adalah 10 kali/4 jam. Untuk menghilangkan kekhawatiran Anda, pantaulah gerakan janin yang Anda rasakan selama 4 jam setelah bangun tidur setiap pagi. 

Bila gerakan yang terjadi kurang dari 10 kali/ 4 jam, konsultasikan hasil pantauan Anda pada dokter. Pada minggu terakhir kehamilan, menjelang persalinan, kekerapan gerakan janin akan menurun.