BI: Sekitar 70 % Produk Derivatif Dituntaskan

Sumber :


VIVAnews - Bank Indonesia menyatakan penyelesaian produk derivatif bank sudah mencapai dua per tiga atau sekitar 70 persen dari total transaksi yang ada sebesar US$ 4 miliar.

"Pola penyelesaiannya macam-macam," kata Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI, Halim Alamsyah di Jakarta Selasa 17 Februari 2009.
 
Menurut dia, penyelesaian tersebut meliputi restrukturisasi, memutuskan kontrak dan pola penyelesaian lainnya. Yang jelas, proses penyelesaian produk derivatif sudah berjalan dengan baik.

"Penyelesaiannya juga sesuai dengan ketentuan BI."

Saat ini, sejumlah bank terjebak produk derivatif. Bank-bank itu adalah bank asing dan bank lokal. Dua bank yang mengakui tersandung produk derivatif. Bank Danamon terpaksa menyisihkan dana untuk pencadangan sebesar Rp 800 miliar, sedangkan CIMB Niaga mencadangkan Rp 400 miliar.

Transaksi produk derivatif adalah transaksi yang nilainya merupakan turunan dari instrumen yang mendasari, seperti suku bunga, nilai tukar, komoditas, ekuitas, dan indeks, bàik yang diikuti dengan pergerakan maupun tanpa pergerakan dana/instrumen.