Dijaga 500 Orang, Polisi Mundur

Sumber :

VIVAnews - Rencana juru sita Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk melakukan eksekusi pengosongan terhadap Gedung Century Tower akhirnya gagal dilakukan.

Gagalnya eksekusi karena pihak kepolisian tidak mau mengambil resiko untuk berhadapan dengan sekitar 500 penjaga keamanan yang siap menghalau petugas di depan gedung.

Untuk membantu proses eksekusi pengosongan, Polres Metro Jakarta Selatan hanya menurunkan 75 orang anggotanya, di tambah beberapa petugas dari Satpol PP Jakarta Selatan.

David Tobing selaku kuasa hukum pemilik gedung mengaku kecewa dengan sikap polisi yang tidak mau memberikan bantuannya hanya kerena alasan takut berhadapan dengan penjaga keamanan gedung.

"Polisi selalu takut, dan hal ini sudah yang ketiga kalinya. Padahal dalam rapat koordinasi polisi siap mengerahkan 1.500 personelnya," ujar David, kepada VIVAnews, Kamis 5 Maret 2009.

Gedung Century yang dulunya bernama Aspac telah dijaminkan oleh pemiliknya untuk pinjaman sebesar Rp 1,6 triliun. Lima tahun lalu gedung Century di beli oleh PT Bumi Sentosa dari lelang negara.

Namun, PT Mitra Bangun Ria selaku pengelola gedung tetap mempertahankan gedung tersebut. Hingga kini ratusan orang masih melakukan penjagaan di depan gedung Century.