NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Tottenham Hotspur Tersingkir, Atalanta Catat Sejarah di Liga Champions

Rabu, 11 Maret 2020 | 06:06 WIB
Oleh : Riki Ilham Rafles,
Foto :
  • twitter.com/RBLeipzig_EN
Pemain RB Leipzig merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur

VIVAnews – Leg kedua babak 16 besar Liga Champions berlangsung pada Rabu dini hari WIB 11 Maret 2020. Tottenham Hotspur harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari kompetisi bergengsi benua Eropa.

Melawat ke Red Bull Arena, markas RB Leipzig, Tottenham kalah 0-3. Hasil ini membuat mereka tertinggal dengan agregat empat gol tanpa balas dari wakil Jerman.

Leipzig sudah tampil mengesankan sejak awal pertandingan. Memasuki menit ke-10, mereka berhasil membuka keunggulan lewat tendangan Marcel Sabitzer.

Keunggulan tuan rumah bertambah menjadi 2-0 pada menit 22. Lagi-lagi Sabitzer yang memaksa kiper Tottenham, Hugo Lloris untuk memungut bola dari dalam gawangnya.

Memulai babak kedua dengan keadaan tertinggal membuat manajer Tottenham, Jose Mourinho mengubah taktik untuk lebih agresif lagi. Namun, mereka justru kembali mengalami kebobolan.

Pemain Leipzig, Emil Forsberg yang baru masuk menggantikan Sabitzer menambah keunggulan pada menit 87. Dia menyambar bola liar di dalam kotak penalti Tottenham.

Jika merujuk catatan statistik, Leipzig memang tampil lebih baik pada pertandingan kali ini. Penguasaan bola mereka mencapai 52 persen, lalu peluang ke gawang lawan ada 13 kali.

Dari semua peluang itu, Leipzig melakukan lima kali yang ke arah sasaran. Sedangkan Tottenham, dari tujuh peluang yang didapatkan, cuma tiga yang tepat ke sasaran.

Drama di Mestalla

Pertandingan Valencia vs Atalanta di Estadio Mestalla juga tak kalah seru. Drama tujuh gol tercipta, namun hasil akhir memihak kepada tim tamu.

Atalanta menyudahi perlawanan Valencia pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions dengan kedudukan 4-3. Dengan hasil itu, wakil Italia berhak melaju ke babak selanjutnya karena unggul agregat 8-4.

Tim tamu sudah membuat Valencia ketar-ketir di menit awal. Mereka mendapatkan hadiah penalti pada menit ketiga, dan Josip Ilicic sukses menuntaskan tugas dengan baik.

Tertinggal di awal pertandingan membuat Valencia langsung memberi respons. Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan pada menit 21 lewat gol yang dicetak Kevin Gameiro.

Namun memasuki menit 43 tuan rumah kembali dibuat gigit jari. Wasit memberi hadiah penalti kepada Atalanta, dan lagi-lagi Ilicic mampu membuat kiper Valencia, Jasper Cillessen memungut bola dari dalam gawangnya.

Valencia kemudian bangkit di babak kedua. Pada menit 51, mereka memaksa kedudukan imbang 2-2 setelah Gameiro mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kali.

Secara mengejutkan Valencia kemudian berbalik unggul 3-2. Kali ini Ferran Torres yang berhasil membobol gawang Atalanta ketika pertandingan memasuki menit 67.

Saat bernafsu menyerang guna mengejar agregat, gawang Valencia malah bobol. Ilicic tampil sebagai bintang karena mencetak hattrick-nya pada pertandingan ini di menit ke-71.

Pemain asal Bosnia Herzegovina mencetak gol keempatnya pada menit 82. Lepas dari kawalan saat berada di dalam kotak penalti, dengan mudah dia melakukan eksekusi.

Menjadi sejarah baru bagi Atalanta pada Liga Champions. Untuk kali pertama keikutsertaan mereka, babak perempatfinal sudah berhasil dicapai.

Topik Terkait
Terbaru