Sun Hadirkan Server Berbasis Flash

Adopsi teknologi 5G dan metaverse.
Sumber :
  • ELE Times

VIVAnews - Sun Microsystems Inc. umumkan ketersediaan teknologi flash yakni solid state drive (SSD) dalam sistem x64 untuk blade server. Sun juga meluncurkan desain unik Open Flash Module ke komunitas OpenSolaris Storage.

Pendekatan desain sistem Sun yang unik terhadap integrasi SSD dengan piranti lunak, sistem dan storage meningkatkan komponen kelas enterprise dan mengubah hirarki di bidang media simpan. Dengan SSD, pengguna akan mendapatkan respon 65x lebih cepat, throughput 8x kali lebih tinggi, dan penghematan konsumsi energi hingga 38% dibandingkan server dengan spinning hard disk tradisional. 

“Desain server x64 dan CMT Sun yang inovatif dengan sistem operasi Solaris mendorong data center untuk mencapai kinerja, skalabilitas dan kebutuhan energi dengan efisiensi semaksimal mungkin,” kata John Fowler, Executive Vice President, Systems Group, Sun Microsystems, pada siaran pers yang VIVAnews terima, 18 Maret 2009. “Sun memimpin industri server dengan penambahan teknologi flash ke platform servernya. Tidak lama lagi, Sun juga akan menambah produk baru ke dalam portofolio Open Storage dan menggebrak industri storage dengan peningkatan kinerja yang jauh lebih tinggi, efisiensi biaya yang lebih besar dan penghematan konsumsi energi” ucapnya.

Server x64 dan CMT serta sistem blade milik Sun merupakan platform berkinerja tinggi dan efisien untuk virtualisasi, aplikasi enterprise, Web, database serta High-Performance Computing (HPC). Server x64 dan sistem blade milik Sun juga mendukung arsitektur chip ganda, termasuk UltraSPARC, AMD Opteron dan prosesor Intel Xeon, serta sistem operasi Solaris 10, Open Solaris, Linux, Windows dan VMWare.

Pasar Flash tingkat enterprise diprediksi akan meningkat secara signifikan pada tahun 2009. Peningkatan itu didorong oleh skala ekonomi teknologi flash yang sudah lebih baik. Dengan media simpan berbasis flash, perusahaan dapat lebih efisien dalam melayani dan mengelola data yang semakin tumbuh besar jumlahnya.

Sebagai salah satu vendor besar pertama yang menggunakan storage berbasis flash di awal 2008, Sun telah mengintegrasikan teknologi tersebut dalam jajaran Sun Storage 7000 Unified Storage. Baru-baru ini, Sun juga mengumumkan integrasi inovasi SSD ke dalam servernya, dan akan segera akan memperkenalkan jajaran storage berbasis flash berkinerja tinggi dan hemat energi.