"Tujuh Partai Masih Sahabat, Belum Koalisi"

Sumber :

 VIVAnews - Partai Demokrat tampaknya masih hati-hati dalam menentukan koalisi dalam pemilu 2009. Partai yang dinakhodai oleh Hadi Utomo sebagai ketua umum baru menjalin komunikasi dengan tujuh partai secara terbuka.
 
"Demokrat telah mengadakan kunjungan silaturrahmi dengan rekan parpol lain untuk membina hubungan dan untuk membantu menciptakan pemilu legilatif yang dapat berjalan aman, jujur, dan adil," jelas Hadi Utomo dalam keterangan persnya di Bravo Media Center Jakarta, Rabu 1 April 2009.

Tujuh partai yang dimaksud yakni, Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKP Indonesia, Partai Patriot, dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP).

Meski telah melakukan kunjungan kepada tujuh parpol itu, namun demokrat tetap membuka peluang untuk menjajaki komunikasi dengan partai lain. Bahkan, lanjutnya, tetap terbuka kemungkinan koalisi dengan PDIP dan Partai Golkar.
 
Namun, pertemuan dengan tujuh parpol itu tidak membahas secara detail mengenai koalisi dalam pemilu 2009. "Kami masih menunggu hasil pemilu legislatif," jelas dia.
 
Dia menambahkan, pembicaraan mengenai koalisi sebelum Pemilu Legislatif sangat rapuh. Karena itu, pertemuan itu hanya bersifat silaturrahmi untuk mensukseskan pemilu legislatif.