NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

PT LIB Digoyang Isu RUPS, Cucu Somantri dalam Bidikan?

Selasa, 28 April 2020 | 21:48 WIB
Oleh : Riki Ilham Rafles,
Foto :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri (kiri).

VIVAnews – Sepakbola Indonesia kembali dirundung isu tak sedap. Kali ini PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi sepakbola di Tanah Air yang sedang dalam sorotan.

Direktur PT LIB, Cucu Somantri dituding telah melakukan nepotisme. Sebab, anaknya, Pradana Aditya Wicaksana yang menjabat sebagai General Manager (GM). Mendapat tudingan miring seperti itu, purnawirawan TNI Angkatan Darat itu langsung membantah.

"Dipastikan, anak saya tidak akan di LIB. Kemudian, saya akan menghadap Ketua Umum PSSI untuk menjelaskan hal ini agar tidak terjadi kisruh," kata Cucu dalam rilis resmi LIB.

Akan tetapi, sanggahan Cucu itu seolah tak berarti. Isu miring mengenai dirinya melakukan nepotisme terus disuarakan, termasuk dari internal PT LIB sendiri.

Kisruh ini pun merembet hingga ke peristiwa sebelumnya. Karena munculnya dugaan Cucu melakukan nepotisme tak berselang lama dari ucapannya terkait pengganti Ratu Tisha Destria yang mundur sebagai Sekretaris Jenderal PSSI.

Sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu mengatakan Maaike Ira Puspita sebagai Wakil Sekjen yang menggantikan Tisha. Tapi kemudian itu langsung membuat sosial media riuh. Karena Maaike merupakan adik ipar dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Mencium adanya perselisihan internal dalam tubuh PSSI dan PT LIB, banyak pihak yang kemudian berkomentar. Salah satunya Asosiasi Provinsi Jawa Barat yang mendesak adanya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB untuk mengatasi masalah ini.

Dalam RUPS, biasanya pemegang saham, dalam hal ini klub akan mengambil sikap. Bisa jadi pula, ujungnya menggoyang posisi Cucu sebagai Direktur PT LIB.

Bagi sebagian klub, RUPS adalah jalan terakhir jika memang harus diambil. Masalah seperti ini tidak perlu dibesar-besarkan, dan selesainya bisa dengan rapat internal jajaran direksi.

"Bukannya sudah ada pernyataan dari Pak Cucu, tidak ada anak/keluarganya yang akan bergabung dengan LIB. Ya kalau memang ada dugaan nepotisme, tidak perlu dibahas dalam RUPS. Cukup di internal LIB, kan ada komisaris juga yang perwakilan dari klub," ujar manajer Persita, I Nyoman Suryanthara ketika dihubungi, Selasa 28 April 2020.

Hal senada diutarakan oleh Sekretaris Umum Persiraja, Rahmad Djailani. Menurut dia, masalah ini tidak perlu dibesar-besarkan, bahkan sampai harus diadakan RUPS.

"Kami dengar ada kisruh ketika Pak Cucu mengangkat anaknya menjadi general manajer, tapi kami tidak mau berlebihan. Saya yakin bapak-bapak di sana bisa menyelesaikan dengan baik. RUPS saya pikir jalan terakhir," katanya.

Topik Terkait
Terbaru