NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Selamat Datang Kembali, Bundesliga!

Kamis, 7 Mei 2020 | 14:44 WIB
Oleh : Luzman Rifqi Karami,
Foto :
  • /twitter.com/FCBayern
Bayern Munich bermain imbang dengan RB Leipzig

VIVAnews – Kabar baik untuk pecinta sepakbola. Bulan Mei ini sudah ada liga top Eropa yang bakal dihelat kembali, yakni Bundesliga Jerman.

Sebelumnya Bundesliga ditangguhkan para 13 Maret 2020 lalu. Itu dilakukan untuk menekan penyebaran wabah corona COVID-19. 

Setelah berhenti selama satu bulan lebih, klub Jerman kembali menggelar latihan menyusul melonggarnya aturan lockdown pada bulan April. 

Wabah corona COVID-19 di Jerman dinilai sudah berkurang. Atas alasan itu Rabu 6 Mei 2020, pertemuan dilakukan dan akhirnya pemerintah Jerman lewat kanselir Angela Merkel memberikan izin untuk digelar kembali Bundesliga pada pertengahan Mei. 

Dalam waktu dekat DFL selaku pengelola kompetisi akan kembali melakukan pertemuan untuk menentukan waktu pastinya. Dilansir Talksport, diperkirakan digelar pada 15 Mei atau 22 Mei 2020. 

"Keputusan hari ini merupakan kabar baik untuk Bundesliga dan Bundesliga 2. Ini terkait dengan tanggung jawab klub dan karyawan mereka untuk menerapkan persyaratan medis dan organisasi secara disiplin," kata CEO DFL, Christian Seifert, dilansir situs resmi kompetisi.

"Pertandingan tanpa penonton memang bukan solusi ideal untuk siapapun. Tapi, dalam krisis ini, yang mengancam eksistensi klub, ini merupakan satu-satunya cara untuk mempertahankan liga," lanjutnya.

Dimulai pada 15 Mei?

DFL memang belum memberikan tanggal pasti kapan kompetisi dihelat. Namun, menurut laporan Bild dan Kicker, mereka sudah memberitahu klub bahwa Bundesliga dimulai lagi pekan depan.

"Setelah mempertimbangkan berbagai hal, komite eksekutif DFL pada hari ini memutuskan untuk menggelar kembali Bundesliga dan Bundesliga 2 mulai 15 Mei 2020," kata Seifert dilansir Kicker.

Sudah vakum sejak 13 Maret 2020, mungkin banyak yang lupa bagaimana klasemen sementara Bundesliga saat terhenti. Dilansir situs resmi kompetisi, Bundesliga terhenti saat memasuki pekan ke-25.

Persaingan ketat terjadi di posisi empat besar. Juara bertahan Bayern Munich memimpin dengan raihan 55 poin dari 25 pertandingan.

Posisi Bayern dibuntuti Borussia Dortmund yang hanya berjarak empat angka. Lalu, ada RB Leipzig yang mengumpulkan 50 poin.

Di bawah Leipzig bercokol Borussia Moenchengladbach dengan 49 poin. Disusul Bayer Leverkusen dengan 47 angka.

Bundesliga menjadi liga top Eropa pertama yang kembali memutar kompetisi. Tentunya, ini menjadi hiburan untuk kita yang haus akan tayangan sepakbola. Willkommen zurück, Bundesliga!

Berikut klasemen sementara Bundesliga hingga pekan ke-25:

Topik Terkait
Terbaru