NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Bundesliga Dimulai Besok, Ada Laga Panas Derby Lembah Ruhr

Jumat, 15 Mei 2020 | 12:34 WIB
Oleh : Luzman Rifqi Karami,
Foto :
  • twitter.com/OptaJoe/
Bintang Borussia Dortmund, Erling Haland

VIVAnews –  Setelah terhenti dua bulan, Bundesliga kembali digelar besok, Sabtu 16 Mei 2020. Sebagai pembuka, ada laga panas Derby Lembah Ruhr edisi ke-156 antara Borussia Dortmund melawan Schalke 04 di Signal Iduna Park.

Mungkin, laga ini kalah menarik dengan derby lain di dunia sepakbola. Seperti Derby Della Madonnina (Inter Milan vs AC Milan), El Derbi Madrileno (Real Madrid vs Atletico Madrid) atau Derby Manchester (Manchester United vs Manchester City). Di Bundesliga sendiri, laga ini kalah gaung dibandingkan Der Klassiker (Dortmund vs Bayern Munich).

Sebenarnya Derby Lembah Ruhr tak kalah bergengsi dibandingkan laga-laga di atas. Sejak kali pertama dihelat pada 1925, selalu ada saja cerita dari duel antara dua kubu berbeda ini. Schalke lebih identik dengan kaum buruh, sedangkan Dortmund dibentuk oleh kaum terdidik kelas menengah. 

Dilansir berbagai sumber, Dortmund dan Schalke sudah bertemu dalam 155 pertandingan di semua kompetisi. Total ada 532 gol yang diciptakan kedua kesebelasan. Artinya, rata-rata gol yang terjadi di satu laga adalah 3,43 gol.

Salah satu derby tergila terjadi di musim 2017/18. Dortmund sempat unggul 4-0 di babak pertama dalam laga yang berlangsung di Signal Iduna Park. Namun, Schalke berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4 jelang akhir pertandingan.

(Baca juga: Selamat Datang Kembali, Bundesliga!)

Empat gol Dortmund di babak pertama dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang (menit 12’), gol bunuh diri Benjamin Stambouli (18’), Mario Goetze (20’) dan Raphael Guerreirro (25’). 

Memasuki babak kedua, tim tamu tampil menekan. Hasilnya empat gol balasan tercipta, masing-masing melalui Guido Burgstaller (61’), Amine Harit (65’), Daniel Caligiuri (86’) dan Naldo (90'+4). 

Duel lain yang tak terlupakan terjadi pada 19 Desember 1997. Kiper Schalke, Jens Lehmann sukses mencetak gol.

Saat itu, Schalke tengah tertinggal 1-2, hingga masa injury time. Lehmann memutuskan maju membantu penyerangan. Dan dia sukses mencetak gol lewat sundulan yang membuat kedudukan imbang 2-2.

Dortmund Pincang

Sayangnya, dalam laga ini Dortmund tak bisa menurunkan skuat terbaik. Dua gelandang andalan, Axel Witsel dan Emre Can mengalami cedera. Mereka bergabung dengan Dan-Axel Zagadou dan Marco Reus yang sudah terlebih dahulu masuk ke meja perawatan.

"Mereka (Witsel dan Can) dipastikan absen. Kami harap mereka bisa kembali secepat mungkin," kata pelatih Dortmund, Lucien Favre dilansir situs resmi klub.

Ini kali pertama Bundesliga bergulir setelah terhenti sejak 13 Maret 2020 karena pandemi virus corona. Ada sedikit perubahan regulasi, di mana klub diperkenankan melakukan lima pergantian pemain.

"Ini ide yang sangat bagus. Semua tim tak akan berada dalam kebugaran terbaik. Ini menjadi laga perdana setelah libur dua bulan. Kami sama sekali tak bermain di laga persahabatan," ucap Favre.

Sementara itu, pelatih Schalke, David Wagner sadar betapa bergengsinya partai ini. Dia siap memberikan yang terbaik demi merebut tiga poin, meski laga nanti tak bakal dihadiri penonton.

"Salah satu keuntungan besar adalah kami tak hanya memainkan laga klasik, tapi ini derby. Meskipun fans tak bisa menonton kami di stadion, saya tahu mereka mendukung kami," kata Wagner dilansir Twitter resmi Schalke.

Saat ini Dortmund duduk di posisi kedua Bundesliga dengan 51 poin dari 25 laga, tertinggal empat angka dari pemuncak klasemen Bayern Munich. Sedangkan Schalke menempati posisi keenam dengan 37 poin.

Berikut jadwal lengkap Bundesliga pekan ke-26:

Sabtu, 16 Mei 2020
20.30 WIB: Borussia Dortmund vs Schalke 04 - Fox Sports 2/Mola TV
20.30 WIB: RB Leipzig vs Freiburg - Fox Sports 3/Mola TV
20.30 WIB: Hoffenheim vs Hertha Berlin - Mola TV
20.30 WIB: Fortuna Duesseldorf vs Paderborn - Mola TV
20.30 WIB: Augsburg vs VfL Wolfsburg - Mola TV
23.30 WIB: Eintracht Frankfurt vs Borussia Moenchengladbach - Fox Sports 2/Mola TV

Minggu, 17 Mei 2020
20.30 WIB: FC Koeln vs Mainz 05 - Fox Sports 2/Mola TV
23.00 WIB: Union Berlin vs Bayern Munich - Fox Sports 2/Mola TV

Selasa, 19 Mei 2020
01.30 WIB: Werder Bremen vs Bayer Leverkusen - Fox Sports 2/Mola TV
 

Topik Terkait
Terbaru