Pendaftaran Dibuka 7 Maret 2009

Gedung KPK
Sumber :
  • Edwin Firdaus/VIVA.

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi segera membuka pendaftaran untuk posisi penasihat. Rencananya pendaftaran dibuka pada 7 Maret 2009.

"14 Maret 2009, kami akan mengumumkan delapan calon penasihat," kata Ketua Panitia Seleksi Penasihat KPK, Jimly Asshiddiqie, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 20 Januari 2009.

Nantinya, para calon akan diseleksi panitia yang diketuai Jimly Asshiddiqie, dengan anggota Erry Riyana Hardjapamekas (mantan pimpinan KPK), Sofyan Effendi (mantan Rektor UGM), Safri Nugraha (Dekan FH UI), dan Arief Surawijaya (pengacara).

Menurut Jimly, KPK akan membuka lowongan ini dalam program Indonesia Memanggil. Selain itu, lowongan penasihat ini juga akan diumumkan melalui koran dan situs online.

Panitia seleksi akan mencari delapan calon untuk mengisi empat posisi penasihat KPK. "Dari delapan itu sudah termasuk dua penasihat lama," jelasnya,

Meski dimikian, lanjut Jimly, panitia tidak akan memaksakan diri untuk mencari empat penasihat. "Kalau kualitasnya tidak memenuhi harapan, mungkin pansel akan mengajukan yang lolos saja," jelasnya.

Saat ini, KPK memiliki dua penasihat dari empat posisi. Mereka adalah Abdullah Hehamahua dan Suryadi. Jabatan mereka akan berkahir Februari.

Sebelumnya, Abdullah Hehamahua mengaku tidak akan mengajukan diri lagi untuk menjadi penasihat. Kecuali jika memang dirinya dicalonkan.