Megawati Undang Sultan Hadir di Rakernas PDIP

Sumber :

VIVAnews - Calon Presiden dari Partai Republikan, Sri Sultan Hamengku Buwono X diundang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta Sultan untuk hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan.

"Intinya, bagaimana saya diundang dalam Rakernas PDIP tanggal 27 dan 28 itu. Kan sebelum Ibu Mega ke Solo ada aktivitas di Yogya, itu aja," ujar Sri Sultan usai bertemu di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Januari 2009.

Sultan mengaku, dalam pertemuan dengan Megawati itu tidak membicarakan soal kandidat calon wakil presiden. Pertemuan itu hanya agenda sarapan pagi biasa sambil berbicara ringan. "Tidak ada pembicaraan di situ," ujar Gubernur DIY itu.

Sultan pun kembali menegaskan bahwa dirinya belum berubah pikiran untuk menjadi calon wakil presiden. Sebab hingga kini, Sultan mengaku masih berpegang teguh untuk menjadi calon presiden. "Dari kemarin saya kan sudah bilang, deklarasi saya kan capres," ujar Sultan. Pertemuan antara Sultan dengan Megawati berlangsung selama sekitar satu setengah jam.

Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan Taufiq Kemas mengakui dirinya telah mengadakan pertemuan dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Duet Megawati-Sultan disebut-sebut sebagai pasangan capres dan cawapres yang akan diusung PDIP.

Bagaimana jika duet tersebut menjadi Sultan-Mega? Taufiq menyerahkan sepenuhnya keputusan tentang siapa yang akan menjadi capres dan cawapres kepada Megawati dan Sultan. "Itu terserah keduanya. Semua bisa saja mungkin dan nanti jawabannya, setelah ada kesepakatan dalam Rakernas," ujar Taufiq Kiemas di Yogyakarta, Sabtu, 17 Januari 2009.