Produsen Gula Nasional Kalah Bersaing

Sumber :

VIVAnews - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Benny Pasaribu mengakui pabrik gula nasional tidak bisa bersaing dengan industri gula asing. Hal ini terjadi karena perkembangan industru gula nasional tidak efisien.

"Industri gula kita tidak terintegrasi tapi malah terpisah," ujar Benny kepada Komisi Industri dan Perdagangan (VI) DPR.

Dalam prakteknya sekarang, kebun banyak yang dimiliki petani. Sedangkan, pabriknya dimiliki oleh BUMN khususnya PTPN dan RNI. Akibat kondisi seperti ini, model  pengelolaannya menjadi tradisional. "Seharusnya mereka terintegrasi antara pabrik dan kebun," ujarnya.

Benny juga mengatakan ketidakefisienan di pabrik gula terletak pada teknologi yang digunakan. Bahkan Benny prihatin karena pabrik gula yang ada kondisinya sudah cukup tua.

Persoalan semakin parah lantaran di sektor perdagangan muncul dugaan pelaku usaha yang jumlahnya terbatas. Akibatnya, perdagangan gula cenderung mengarah ke oligopoli dan muncul ada dugaan kartel dalam perdagangan gula. "Namun sampai saat ini masih sangat sulit untuk membuktikan adanya dugaan kartel itu."