Obama Jajan ke Pasar

Sumber :

VIVAnews - Barack Obama rupanya penasaran dengan penganan lokal khas Kanada saat berkunjung ke negeri itu, Kamis 19 Februari 2009. Maka, dalam perjalanan pulang ke bandara untuk bertolak ke Washington, presiden baru Amerika Serikat (AS) itu rela menyusuri jalanan di kompleks pasar terbuka di kota Ottawa untuk mendapatkan roti khas Kanada, Beavertail.

Beavertail adalah kue yang terbuat dari tepung gandum, lalu dibentuk menyerupai ekor hewan yang menjadi simbol kebanggaan Kanada, berang-berang.

Roti sejenis pastry tersebut lantas dimasak dengan minyak canola. Untuk itu, presiden ke-44 AS tersebut beserta rombongan yang terdiri atas lima puluh mobil mendatangi Byward Market di pusat kota Ottawa.

"Saya mencari roti BeaverTail," kata presiden berkulit hitam pertama di AS tersebut, seperti dikutip dari laman stasiun televisi ABC. Namun, yang disodorkan kepada Obama adalah beavertail dalam versi lain.

Seorang pegawai toko legendaris bernama "BeaverTail", Jessica Milien menyerahkan ObamaTail. ObamaTail ini pernah dihidangkan di Kedutaan Besar Kanada di Washington saat merayakan upacara pelantikan Obama satu bulan lalu.

ObamaTail adalah BeaverTail dengan topping whipped cream membentuk huruf "O", topping mapple "O", dan topping coklat juga dengan huruf "O".

Obama kemudian mengatakan bahwa cuaca di Ottawa mengingatkannya pada tempat tinggalnya Chicago, tetapi tetap saja ada perbedaan. Seorang pengunjung pasar lalu menyeletuk kalau di Chicago tidak ada BeaverTails. "Ya, tidak ada beaver tails," Obama menyahut.

Obama mengatakan kepada Milien bahwa dia akan segera menyantap kue lezat tersebut segera setelah tiba di Washington Kamis malam (Jumat pagi WIB).

Sebelum rombongan sampai di pasar, seorang agen rahasia sudah muncul untuk menyisir lokasi dan mencari toko yang menjual beavertail. Kepada para pegawai, agen rahasia tersebut menjelaskan bahwa seorang pegawai harus menyerahkan roti itu kepada Obama yang di sisi lain pasar saat rombongan tiba di lokasi.

Milien terpilih untuk menjalankan tugas tersebut karena dia adalah penggemar berat Obama. Maka, jadilah pegawai yang juga siswa SMU ini menyerahkan kue berharga US$ 3,75 (Rp 35 ribu lebih) itu kepada idolanya.

Selain beavertail, Obama juga membeli gantungan kunci untuk kedua putrinya, Sasha dan Malia. Dia juga membeli sekotak biskuit Maple Leaf dari toko Le Moulin de Provence. Setelah selesai berbelanja, Obama masuk ke dalam mobil Cadillac berlapis baja dan berangkat ke bandara.