NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

VIDEO: Puluhan Rumah Dibakar dalam Bentrokan Massa di Buton Tengah

Jumat, 29 November 2019 | 13:40 WIB
Oleh : Mohammad Arief Hidayat,
Foto :
  • tvOne
Warga dua desa di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, bentrok dan menyebabkan puluhan rumah terbakar dan ratusan warga mengungsi pada Rabu malam, 27 November 2019.

VIVAnews – Warga dua desa di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, bentrok dan menyebabkan puluhan rumah terbakar dan ratusan warga mengungsi pada Rabu malam, 27 November 2019.

Menurut polisi, bentrokan ini berawal dari penganiayaan dua warga, Hidayat Hamza (21 tahun) dari Desa Mataneo di Kecamatan Sangia Wambulu dan LD Z (16 tahun) warga Kelurahan Tolandona di Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah. Keduanya datang di sebuah acara musik di Dusun Potoa, Desa Wadiabero, Kecamatan Gu.

Saat acara musik itu berlangsung, keduanya dianiaya oleh warga lainnya sehingga Hidayat Hamza meninggal dunia. Sekira satu jam setelah peristiwa itu, sejumlah pemuda asal Kelurahan Tolandona datang menyerang Desa Wadiabero. Mereka tak hanya mencari penganiaya Hamza, tetapi juga membakar rumah diduga pelaku.

Polisi mencatat, total 25 rumah terbakar, 18 rumah rata dengan tanah, 1 unit rumah toko (ruko) dibakar, 12 sepeda motor terbakar berikut satu unit bengkel. Sebanyak 278 warga dari 61 kepala keluarga mengungsi akibat peristiwa itu.

Bagaimana situasi Desa Wadiabero setelah kerusuhan itu? Simak dalam video berikut ini:

Topik Terkait
Terbaru