NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

VIDEO: Wali Kota Bengkulu Terbitkan Larangan Bercerai bagi ASN

Jumat, 29 November 2019 | 14:14 WIB
Oleh : Mohammad Arief Hidayat,
Foto :
  • tvOne
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan

VIVAnews – Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menerbitkan surat edaran larangan bercerai bagi warga dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Surat edaran itu bahkan disertai ketentuan sanksi tegas bagi ASN yang melanggar.

Sang Wali Kota berdalih, tingginya angka perceraian melatarbelakangi dia menerbitkan peraturan itu. Peraturan berlaku mulai 24 November 2014. Disebutkan bahwa pejabat eselon II, III, dan IV serta pegawai tidak tetap dilarang bercerai. Mereka yang melanggar akan disanksi tegas berupa pencopotan jabatannya bagi pejabat eselon II, III, dan IV, sementara untuk ASN dan pegawai tidak tetap berupa pemotongan tunjangan.

DPRD Kota Bengkulu tak setuju dengan peraturan sang Wali Kota. Perceraian memang sesuatu yang harus dihindari. Tetapi melarang aparatur pemerintah bercerai, seperti kebijakan sang Wali Kota, dianggap mencampuri urusan pribadi warga.

Dewan bahkan menganggap surat edaran Wali Kota sesungguhnya hanyalah mencari sensasi. Sebab, perceraian sudah ada aturan dan ketentuannya, maka tak perlu ada aturan baru.

Simak penjelasan Wali Kota Helmi Hasan dan respons DPRD dalam video berikut ini:

Topik Terkait
Terbaru