NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Saksikan ILC Malam ini: Maju Mundur Izin FPI

Selasa, 3 Desember 2019 | 12:41 WIB
Oleh : antv/tvOne,
Foto :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita
Kantor Sekretariat DPP FPI di Petamburan Jakarta

VIVAnews – Polemik soal perpanjangan izin bagi ormas Front Pembela Islam tengah menjadi sorotan masyarakat. Ini terkait sikap pemerintah yang masih belum juga memberi perpanjangan izin ormas kepada FPI

Persyaratan perpanjangan izin sudah diurus oleh pimpinan FPI walau dalam beberapa tahun terakhir terpisah dari Imam Besar Habib Rizieq yang masih di Arab Saudi. Namun, izin belum juga keluar dari pemerintah. 

Sebagai pemegang otoritas, Kementerian Dalam Negeri belum dapat menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) perpanjangan izin organisasi masyarakat bagi FPI. Sebab, masih terganjal dengan masalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Itu karena pemerintah menyoroti istilah 'Khilafah Islamiyah' dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FPI, yang membuat izin organisasi masyarakat itu hingga kini belum diperpanjang walaupun FPI telah membuat surat pernyataan mengenai kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila. Namun, bagi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, ada masalah di AD/ART-nya.

"Di AD/ART itu di sana disampaikan bahwa visi dan misi organisasi FPI adalah penerapan Islam secara kafah di bawah naungan khilafah Islamiah, melalui pelaksanaan dakwah penegakan hisbah dan pengawalan jihad. Ini yang sedang didalami lagi oleh Kementerian Agama," kata Tito.

Sikap ini pun mengundang pertanyaan dari pimpinan FPI. Sebagai Ketua Umum, Ahmad Sobri Lubis heran dengan hal ini karena sebelumnya, dalam 20 tahun terakhir, izin FPI selalu lancar.

Sobri berharap Kementerian Dalam Negeri bertemu saja dengan FPI untuk membahas hal ini. Dia meminta Mendagri Tito Karnavian tidak berpolemik.

"Nah itu lah makanya ya, enggak usah berpolemik, enggak usah berpolitik, enggak usah menebar keragu-raguan. FPI sudah 20 tahun urusan SKT, apalagi membangun opini seakan-akan kalau SKT enggak keluar, lalu FPI jadi bagaimana. Enggak masalah, FPI jalan terus," kata Sobri.

Soal itu lah yang diangkat dalam program talkshow populer Indonesia Lawyers Club malam ini. Dipandu oleh Pemimpin Redaksi tvOne, Karni Ilyas, ILC mengundang kalangan pejabat, ulama, tokoh-tokoh masyarakat, dan para cendekiawan untuk urun pendapat mengenai polemik soal perpanjangan izin bagi FPI itu.

Saksikan ILC Selasa malam 3 Desember 2019 bertema: Maju Mundur Izin FPI
 

Topik Terkait
Terbaru