BPH Migas: Kinerja Distribusi BBM Buruk

Sumber :

VIVAnews - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas menilai kinerja PT Pertamina sebagai pelaksana pendistribusian bahan bakar minyak Kewajiban Pelayanan Umum (PSO) tahun lalu kurang baik.

Kepala BPH Migas Tubagus Haryono mengatakan, pendistribusian BBM PSO melalui jalur darat yang dilakukan Pertamina melalui dua anak perusahaannya, Patra Niaga dan Elnusa Petrofin, kurang memuaskan. Terutama dalam jumlah armada truk tanki.

"Ini yang sering mengakibatkan keterlambatan pengiriman BBM dari depo ke SPBU," ujar dia dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Energi DPR, di Jakarta, rabu 28 Januari 2009.

Mengenai sistem transportasi laut, dia mengatakan untuk wilayah Indonesia bagian barat dinilai cukup baik. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur dinilai kurang, karena jadwal kapal sangat ketat. Sehingga rentan terhadap gangguan cuaca, alur, dan teknis kapal.

Dia mengatakan, dari segi penyimpanan, BBM PSO di depo utama dan terminal cukup baik. Tetapi lokasi depo penyimpanan di beberapa wilayah luar Jawa kurang strategis, serta kapasitas penyimpanan relatif masih kurang memadai.