Jual Jabatan, Gubernur di AS Dipecat

Sumber :

VIVAnews - Senat negara bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), bersuara bulat memecat Gubernur Rod Blagojevich, Kamis 29 Januari 2009. Bulan lalu, Blagojevich dicurigai mencoba mengeruk keuntungan bagi dirinya dan istrinya, Patti, dengan cara menjual posisi senator yang ditinggalkan Barack Obama.

Dengan pemecatan tersebut, Blagojevich menjadi gubernur pertama di AS yang diberhentikan karena tuduhan terlibat skandal.

Setelah persidangan empat hari, Senat Illinois mengumpulkan suara 59-0 untuk mendakwa gubernur berusia 52 tahun itu dengan tuduhan penyalahgunaan jabatan. Selain itu, juga dengan suara bulat, Senat Illinois juga melarang Blagojevich memegang jabatan di pemerintahan negara bagian lagi.

"Dia gagal menjalani tes kepribadian. Dia berada di bawah martabat negara bagian Illinois. Dia tidak berharga untuk menjadi gubernur kami lagi, kata Senator Matt Murphy dari Partai Republik. Namun masalah Blagojevich belum selesai. Jaksa federal juga menuduhnya melakukan korupsi.

Di lingkungan rumahnya di Chicago, Kamis malam, Blagojevich berjanji akan berjuang membersihkan namanya. Dan, tambah Blagojevich, dia akan menunjukkan bahwa dia belum mengecewakan warga Illinois. "Saya mencintai warga Illinois, lebih dari sebelumnya," kata Blagojevich.

Sementara itu, Patrick Quinn, politisi dari Partai Demokrat segera diambil sumpah untuk menggantikan Blagojevich. Quinn mengatakan bahwa dia akan bekerja untuk mengembalikan kepercayaan warga Illinois terhadap integritas pemerintah negara bagian  Illinois. (AP)