Telkomsel Optimalkan Bandwidth 3G/HSDPA

Sumber :

VIVAnews - Layanan HSDPA Telkomsel di pasar Indonesia mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat. Meskipun layanan wireless broadband yang berbasis HSDPA itu hadir sebagai sumber pendapatan baru bagi Telkomsel, layanan internet wireless broadband tersebut memberi beban yang signifikan terhadap jaringan karena pemakaian bandwidth meningkat secara dramatis dalam rentang waktu yang singkat.

Untuk itu Nokia Siemens Networks memberikan solusi pada Telkomsel untuk meningkatkan throughput HSDPA-nya dengan beralih ke flat architecture dengan direct tunnel, upgrade software dalam jaringan inti paket (packet core network) yang menyederhanakan jaringan dan transfer data antara pengguna dan Internet. 

“Basis pelanggan 3G/HSDPA kami merupakan yang terbesar di Indonesia. Kami juga tercatat dalam jajaran 10 besar operator 3G di dunia,” kata M. Mustaghfirin, Vice President Service Layer Engineering, Telkomsel, pada siaran pers yang VIVAnews terima, 15 Februari 2009. “Untuk memberikan akses data dengan kualitas terbaik bagi para pelanggan yang jumlahnya terus meningkat, kami memerlukan solusi yang membantu meningkatkan kapasitas jaringan dengan cepat tanpa menghabiskan banyak biaya untuk pengembangan infrastruktur baru,” ucapnya. 

“Solusi Direct Tunnel dari Nokia Siemens Networks memungkinkan kami untuk menyederhanakan transfer data 3G/HSDPA dan menghilangkan bottleneck serta meningkatkan kapasitas jaringan secara fleksibel dan hemat biaya,” kata Ivan C Purnama, GM VAS & Datacomm Engineering, Telkomsel.

Telkomsel telah mengimplementasikan Direct Tunnel di kawasan Jabodetabek dan solusi ini berjalan dengan sukses. Pemasangan jaringan berkecepatan tinggi secara luas tengah dilakukan, sehingga dalam waktu dekat Direct Tunnel sudah mencakup seluruh pulau Jawa.

“Implementasi Direct Tunnel oleh Telkomsel menegaskan kepemimpinan Nokia Siemens Networks dalam implementasi Direct Tunnel untuk skala luas,” kata Arjun Trivedi, Head of Sub-Region Indonesia, Nokia Siemens Networks. “Keberhasilan implementasi solusi Direct Tunnel kami berarti konektivitas 3G/HSDPA yang jauh lebih baik bagi para pelanggan Telkomsel,” ucapnya.